Mohon tunggu...
Wahyu Nining Setiowati
Wahyu Nining Setiowati Mohon Tunggu... S1 Manajemen

Wahyu Nining Setiowati/190413629686/D29

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keutamaan dalam Membaca Ayat Suci Al Quran di Bulan Ramadan

15 Mei 2021   12:00 Diperbarui: 15 Mei 2021   12:00 45 1 0 Mohon Tunggu...

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan pada bulan ini segala amalan akan dilipat gandakan. Salah satu amalan yang umat muslim wajib laksanakan ialah membaca ayat suci Al-Qur'an atau biasa disebut dengan tadarus Al-Qur'an.

Membaca Al-Qur'an pada hari biasa akan mendapat pahala apalagi ketika bulan Ramadhan maka pahala tersebut akan dilipat gandakan. Oleh karena itu, sangatlah rugi bagi umat islam yang tidak membaca ayat suci Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW  sebagai berikut: 

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Selain pahala yang diterima, banyak keutamaan lain yang akan diterima apabila membaca Al-Qur'an. Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya :

1. Meningkatkan Iman

Iman manusia sering tidak menentu, terkadang naik terkadang turun. Nah, salah satu keutamaan membaca Al-Qur'an adalah dapat meningkatkan keimanan kita. Pasalnya dengan membaca Al-Qur'an kita akan selalu mengingat Allah SWT, mengingat kekuasaan Allah SWT, dan keindahan ciptaan-Nya. Dengan mengingat hal tersebut maka kita akan selalu bersyukur dan hal ini dapat meningkatkan iman kita.

2. Menenangkan Hati

Deangan membaca Al-Qur'an maka hati kita akan tenang. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT  dalam surat Ara-rad pada ayat 28:

"Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah lah, hatimu menjadi tenteram."

3. Diangkat Derajatnya

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Alquran dan mempelajari isi kandungannya. Terlebih lagi jika kita mengamalkan apa yang ada di isinya setiap hari. Dari Umar RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN