Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Selain Opor Ayam, Berikut Rekomendasi Hidangan Lebaran Lainnya

11 Mei 2021   21:40 Diperbarui: 11 Mei 2021   21:51 454 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selain Opor Ayam, Berikut Rekomendasi Hidangan Lebaran Lainnya
Ilustrasi makanan bersantan, hidangan saat Lebaran (Kompas.com/Gabriella Wijaya)

Sebentar lagi menjelang hari raya Lebaran, tidak lengkap rasanya jika tidak berkuliner ria. Saya sudah pernah membahas di artikel sebelumnya yang berjudul "Kuliner Lebaran ala Rumahan yang Bikin Nostalgia dengan Masa Kecil" dan berbagi mengenai hidangan yang sering saya nikmati saat berkumpul bersama keluarga besar.

Opor ayam adalah makanan yang (mungkin) jadi menu wajib saat disantap bersama keluarga di hari raya Lebaran. Cita rasanya yang mantap, gurih, dan ditambah dengan potongan ketupat, membuat suasana Lebaran semakin meriah.

Namun, hidangan saat Lebaran tidak melulu harus opor ayam, lho! Sesekali menikmati dan memasak menu yang lain juga tidak apa-apa. Semakin bervariasi semakin kenyang! Namun, bukan berarti itu menjadi sesuatu yang wajib, ya. 

Nilai utama saat hari raya adalah keakraban bersama dengan keluarga besar dan sahabat. Makan apapun menunya pasti mantap dan mengenyangkan.

Jika kamu butuh rekomendasi hidangan Lebaran selain opor ayam, yuk simak ide masakan berikut ini:

Baca juga: Sehat dan Nikmat! 4 Resep Menu Vegan untuk Lebaran (Tagine, Falafel, Mujadarra, & Kue Kurma Karamel Asin) oleh W. Bintang

Rekomendasi Hidangan Lebaran: Rawon Daging

Rawon daging tidak kalah nikmat dari opor ayam. Memiliki ciri khas berwarna hitam pekat dari kluwak, rawon biasanya dihidangkan dengan sambal goreng, taoge, dan taburan bawang goreng. 

Ilustrasi rawon daging (Kompas.com/Sherly Puspita)
Ilustrasi rawon daging (Kompas.com/Sherly Puspita)
Rawon daging adalah kuliner khas Jatim yang dimasak dengan bumbu daun jeruk, serai asam, dan pastinya bumbu khas kluwak yang membuat rawon daging makin mantap.

Rekomendasi Hidangan Lebaran: Soto daging atau soto ayam dengan ciri khas daerah masing-masing

Hidangan berkuah lainnya yang juga digemari banyak orang adalah soto. Kuliner tersebut bisa dimodifikasi sesuai selera menjadi soto ayam, soto daging, maupun soto babat. 

Uniknya lagi, hidangan soto ada dan ditemui di berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Beberapa soto yang pernah saya nikmati adalah:

  • Soto Lamongan

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    VIDEO PILIHAN