Mohon tunggu...
Stefan Sikone
Stefan Sikone Mohon Tunggu... Guru - Mengajar di SMAN 1 Tengaran - Kab. Semarang dan Entreprenuer Bisnis Online

Saya senang menulis dan mengamati bisnis online. Saya berlayar di 3 pulau ilmu berbeda: filsafat, ekonomi manajemen, komputer. Mendirikan LPK TIKTokbes untuk memberikan pendidikan dan latihan gratis bisnis online bagi masyarakat yang berminat.

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency

Siapa yang Paling Diuntungkan dari Digital Kripto

20 Juni 2022   15:48 Diperbarui: 20 Juni 2022   16:25 144 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cryptocurrency. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Tulisan ini mengikuti alur pikir umumnya tentang pembahasan dan penggunaan cryptocurrency, dan di akhir tulisan penulis memberikan komentar tentang cryptocurrency sebagai aset digital di Indonesia.

Kurang lebih dua dekade terakhir, teknologi termasuk di dalamnya bidang finansial berkembang cukup pesat. Salah satu bidang finansial populer saat ini adalah cryptocurrency. Kita di Indonesia mengenalnya dengan aset digital kripto.

Hingga bulan Desember 2021, terdapat 6000 hingga 10000 cryptocurrency yang beredar di jagad maya dengan total kapitalisasi pasar mencapai 2 triliun dollar AS (bdk https://www.inews.id, 24 Desember 2021).

Jutaan  token kripto dan proyek kripto telah memasuki pasar, dengan berbagai tujuan mulai dari merevolusi transaksi atau proses AML [Anti-Money Laundring] hingga memungkinkan donasi yang aman dan transparan untuk karya amal. Walaupun demikian tujuannya, tujuan utama pembuatan bitcoin (BTC) sebagai cikal bakal bermunculannya berbagai cryotocurrency adalah untuk memungkinkan lebih banyak orang terlibat dalam sistem keuangan tanpa bergantung pada bank atau pemerintah.

Efek penggunaan cryptocurrency pada pasar tentu berbeda atau bervariasi, tetapi crypto bisa dibilang memiliki dampak paling luas di pasar negara berkembang dengan merevolusi sistem keuangan dan memungkinkan partisipasi massal bagi setiap orang termasuk mereka yang belum/tidak memiliki hak memiliki rekening bank konvensional.

Cryptocurrency berpotensi untuk memiliki dampak jangka panjang yang besar di pasar negara berkembang. Diperkirakan ada 1,7 miliar orang yang tidak memiliki rekening bank di seluruh dunia, dengan sebagian besar dari mereka tinggal di tempat yang sering dianggap sebagai 'pasar negara berkembang'.

Wirex and Stellar Development Foundation baru-baru ini mensurvei kepemilikan kripto dan sikap orang-orang yang tinggal di empat negara: Meksiko, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.

Dilaporkan bahwa meskipun mereka yang berada di Meksiko (mewakili negara-negara berkembang)  memiliki tingkat kepemilikan crypto terendah, kemungkinan besar mereka percaya bahwa ekonomi digital dapat menjadi alternatif yang layak untuk ekonomi tradisional. Sementara dalam laporan tersebut dikatakan bahwa hal ini berbeda dengan negara yang ekonominya sudah mapan, menurut survey di atas Amerika mewakili  pasar yang sudah mapan justru tingkat kesadaran dan penggunaan crypto yang lebih rendah dari yang diharapkan.

Ini mungkin karena dominasi sistem perbankan di AS, yang berarti orang Amerika tidak mengetahui atau tidak mencari metode alternatif untuk pengiriman uang dan perbankan. Ini menunjukkan bahwa meskipun banyak pasar mapan memiliki sistem keuangan yang solid, masih ada tempat di mana crypto dapat menguntungkan warga rata-rata, memberikan peningkatan kesadaran.

Sementara beberapa orang tidak menganggap Singapura sebagai pasar yang mapan, dalam hal regulasi kripto, negara tersebut memiliki beberapa kerangka kerja regulasi paling maju terkait kripto. Hingga 86% warga Singapura yang disurvei setuju bahwa kripto adalah alternatif yang layak untuk layanan pengiriman uang tradisional. Singapura berada di depan permainan dalam hal mengintegrasikan kripto ke dalam kehidupan sehari-hari dan contoh yang baik tentang seperti apa masa depan kripto. (bdk cryptonews ).

Pada titik inilah, negara yang ekonominya yang sudah mapan perlu memutuskan apakah mereka ingin terus mengikuti kemajuan ekonomi digital atau menahan diri dan berisiko membuat inovator teknologi finansial pindah ke tempat lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan