Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bisnis Bersama Covid-19: Tentukan Bisnis Plan

25 Agustus 2021   08:28 Diperbarui: 25 Agustus 2021   08:49 102 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis Bersama Covid-19: Tentukan Bisnis Plan
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pemerintah kita mulai mencanangkan seperti apa yang dilakukan oleh berbagai negara lain, yaitu hidup berdampingan dengan Covid. Maka mau tidak mau, kita yang menjadi pengusaha, punya usaha, harus memikirkan usaha juga yang bisa bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid. 

Tentukan bisnis plan ini sangat penting saat ini. Bila usaha anda terdampak akibat pandemi, sudah saatnya pikirkan bisnis lain yang lebih menjanjikan. Apa saja itu ?

Pertama, bisnis sembako. Sembako termasuk bisnis yang tidak ada matinya, karena orang pasti perlu makan. Bisnis kebutuhan bahan pokok ini bagaimana pun tetap bisa bertahan, bahkan sekarang hampir semua marketplace telah menyediakan produk kebutuhan bahan pokok untuk banyak orang. Tapi selalu tetap ada celah. Salah satu kawan saya, hanya menjualnya via whatsapp, dan mengantarkan paket sembako nya ini sendiri, berbulan-bulan dan tetap bisa bertahan hidup.

Kedua, bisnis produk dan jasa kesehatan. Semua orang sekarang mau sehat, jadi produk dan jasa kesehatan menjadi tinggi kebutuhannya. Dan ini banyak ragamnya. Menjual alat kesehatan, menjual vitamin, menjual madu, bahkan yang berbau hitech, seperti jasa dokter online, semua mendapatkan pasarnya saat ini.

Ketiga, bisnis jasa antaran. Semua orang mendapatkan barangnya melalui marketplace, sehingga jasa antaran menjadi sangat menarik sekarang. Tidak hanya didominasi pemain besar, tapi banyak juga pemain kecil yang menjalankan bisnis ini dan bertahan hingga sekarang. 

Kembali, apapun bisnis plan yang anda ambil, menjual barang atau produk, tentukan dulu di awal tujuan bisnis nya, seperti artikel awal saya sebelumnya (lihat artikel). Kalau anda merasa, bahwa bisnis, usaha anda akan masuk ke level usaha kecil menengah dulu, maka bisa baca kembali artikel business development UMKM, lihat video pembahasannya juga (lihat artikel).

Kalau anda sudah punya usaha, dan mau fokuskan kembangkan layanan yang menghasilkan di masa pandemi, bisa fokus lihat dulu SWOT bisnis anda, seperti bahasan dalam artikel ini.

Kemudian detailkan semua bisnis plan mengikuti artikel dan pembahasan business development sebelumnya. Dimana bisnis harus AGILE. Perhatikan legalitas dan aturan, seperti bahasan ini

Dengan mendetailkan semua bisnis plan dengan baik, maka kita bisa memastikan bisnis kita melewati dan bahkan berkembang di masa pandemi. Kami di EVENTCERDAS akan membahas banyak hal ini di September 2021 dalam kaitan webinar UKMentor. Pastikan kehadiran anda dalam berbagai kegiatan virtual kami. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan