Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, SehatCerdas.id dan ICT4CC.id

Selanjutnya

Tutup

Digital

Skill Digital Jangan Cuma Sharing dan Copy Paste

12 Juli 2021   07:10 Diperbarui: 12 Juli 2021   13:53 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Skill Digital Jangan Cuma Sharing dan Copy Paste
Webinar Literasi Digital 13 Juli - Koleksi Pribadi

Saya mendapatkan kesempatan menjadi pembicara nasional di kegiatan webinar Literasi Digital. Kegiatan ini diluncurkan pemerintah agar semakin banyak masyarakat bisa tahu tentang berbagai aktifitas terkait digital, namanya literasi digital. 

Dalam satu kali kegiatan, ada rangkaian pembicara yang berbagi , sharing tentang pengetahuan digital yang telah ditentukan. Selain webinar, buku dan kegiatan lainnya juga dilakukan. 

Bila bicara orang bisa ikut webinar, tentunya dia telah mengerti cara menggunakan komputer atau HP yang bisa terhubung dan tergabung ke dalam platform webinar. Mungkin juga mereka menggunakan youtube, salah satu akses media yang paling umum saat ini. 

Tapi ada yang lebih penting. Perhatikan bagaimana mereka bergabung ?

Mungkin mereka diundang via email, artinya orang ini telah melek cara penggunaan email. 

Atau ada juga mereka diundang via whatsapp, media messaging paling terkenal di Indonesia, tinggal share dan join ke dalam kanal youtube yang disediakan. 

Dalam hal ini, kebetulan saya mendapatkan daerah yang mungkin saja ketersediaan jaringan Internet nya masih terbatas, maka media yang mau tidak mau digunakan hanya youtube. Dan komunikasi satu arah saja yang bisa terjadi untuk para peserta, meskipun tetap bisa memberikan pertanyaan via kanal yang disediakan.

Memperhatikan cara mereka bergabung dan ikut dalam webinar-webinar yang disediakan maka sebenarnya mereka punya modal, yaitu bisa sharing dan copy paste. Mungkin ini dasar pengetahuan digital dasar juga.

Lalu apa yang sebenarnya diperlukan INDONESIA ?

Kita perlu semakin banyak orang bisa gunakan tools digital. Mereka tidak mungkin membuat aplikasi semua, tapi cukup gunakan, penggunaan ini sangat penting di masa pandemi. 

Pertama, agar mereka tidak hanya sharing dan copy paste, tapi bisa GUNAKAN. Baik perangkat hardware, atau software yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan mereka SEHARI-HARI. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN