Mohon tunggu...
SRI WARDANI
SRI WARDANI Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan MC

Suka Menulis, MC pemerintahan. Pernah menjadi Presenter di stasiun TV lokal. Meraih Juara II MC antar instansi Provinsi Riau (2014). Juara I lomba cerpen Penerbit Kertas Sentuh, Juara II Lomba Cerpen Penerbit Prospect. Juara III lomba Dongeng Tianisa Bookstore, Juara Harapan I Lomba cerpen The Journalish Publishing, Peringkat 5 lomba Cerpen Horor Tinta Misteri. Meraih 10, 20, 30, 50 besar lomba cerpen dan puisi lainya. Karya puluhan buku antologi fiksi dan non fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sport Tourism, Upaya Promosi Wisata Mandalika

18 November 2021   23:06 Diperbarui: 18 November 2021   23:14 214 19 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dokpri: Pantai Tanjung Aan

Salah satu destinasi Wonderful Indonesia  yang sangat menarik adalah Pulau Lombok. Mulai dari pesona bahari, keindahan perbukitan dan pegunungan yang memikat, ditambah kekayaan kearifan lokal, tradisi dan budaya yang dimiliki menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Pada tahun 2019, ada tiga pantai di Lombok berhasil masuk sepuluh pantai-pantai populer pada TripAdvisor Traveller's Choice Award 2019, salah satu situs wisata terbesar di dunia. Sepuluh pantai populer tersebut terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah (urutan empat), Pantai Gili Meno di Lombok Utara (urutan lima) dan Pantai Tanjung Aan di Lombok Tengah (urutan sembilan).

Sebelumnya, Pantai Selong Belanak pernah mendapatkan penghargaan Best Beaches 2018 atau pantai terbaik tahun 2018 versi Trip Advisor di nomor 17. Sedangkan Pantai Gili Meno peringkat pertama pada tahun 2016 dan Pantai Tanjung Aan pada tahun 2015 di peringkat keempat dari penghargaan serupa.

Prestasi lain yang tidak kalah menggiurkan pada tahun 2015, Lombok memenangkan World Halal Travel Award untuk kategori The World Best Halal Tourism Destination dan The World Halal Honeymoon Destination. Pada tahun 2016, lombok kembali mendapat penghargaan pada ajang yang sama untuk tiga kategori Wolrd's Best Halal Beach Resort, World's Best Halal Travel Website dan World's Best Halal Tourism Destination. Hal ini menjadikan Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia pada ajang Gobal Muslim Travel Index (GMTI) 2019 yang mengungguli 130 negara destinsi di dunia.

Eksotisnya wisata Pulau Lombok sudah saya buktikan ketika berkunjung tahun 2016. Jika dibandingkan Bali dan Lombok, keduanya seperti kakak adik yang sama-sama cantik dan tidak akan membuat mata bosan melirik. Pengalaman selama berada di Lombok tidak akan pernah terlupakan dan ingin mengulang kembali, apalagi saat ini ada yang terbaru di kawasan Mandalika.

Dokpri : Tanjung Aan
Dokpri : Tanjung Aan

Ketika berada di kawasan Mandalika saat itu, saya dan rekan-rekan menikmati pantai-pantai yang menawan seperti Pantai Tanjung Aan yang terkenal dengan perbukitan yang mengelilingi, Pantai Merica yang pasirnya berbentuk merica dan pantai Kuta Lombok.

Kami juga  menyambangi Kampung Sade. Dusun Sade merupakan salah satu suku asli Pulau Lombok yang disebut Suku Sasak. Mereka masih kental dengan adat-istiadat dan tradisi. Bertempat tinggal di rumah-rumah yang terbuat dari anyaman bambu dan atap dari susunan ijuk dengan bangunan yang rendah. Hal ini bermakna bahwa agar setiap orang masuk rumah menundukkan kepala sebagai tanda menghormati pemilik rumah.

Dokpri : Dusun Suku Sasak
Dokpri : Dusun Suku Sasak

Menariknya lagi, berkunjung ke sini jangan lewatkan untuk belajar menenun kain songket Lombok. Pengunjung diperbolehkan mencoba menenun secara tradisional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan