Mohon tunggu...
Sri Wangadi
Sri Wangadi Mohon Tunggu... 📎Memulai dengan Bismillah

📩 swangadi27@gmail.com 🔁 KDI - BTJ

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Menyelisik Peran Oposisi terhadap Pemerintahan

22 Oktober 2019   21:00 Diperbarui: 24 Oktober 2019   15:35 0 3 0 Mohon Tunggu...
Menyelisik Peran Oposisi terhadap Pemerintahan
ilustrasi | ciputrauceo.net

Definisi atau arti oposisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah partai penentang di dewan perwakilan dan sebagainya yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yang berkuasa.

Selama ini, selalu ada dua kubu partai dalam parlemen. Kubu yang pertama adalah partai-partai pendukung pemerintah, lalu kubu yang kedua adalah yang memilih berada diluar zona kekuasaan pemerintah. Kelompok atau kubu yang berada diluar lingkaran pemerintah disebut sebagai kelompok oposisi.

Masih hangat jadi bahan perbincangkan publik perihal partai Gerindra yang tampaknya akan bergabung ke dalam koalisi pemerintah Jokowi-Ma'ruf yang sebelumnya berada dalam barisan oposisi. Hal tersebut juga mengundang Partai Nasdem untuk menyatakan sikap.

Melalui ketua umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh, baru-baru ini memberi sinyal akan menjadi oposisi pada pemerintahan yang dipimpin Jokowi Jilid II kali ini. Padahal partai ini sangat dikenal sebagai salah satu partai yang sangat mendukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 lalu.

Menurutnya, bila semua partai politik mendukung pemerintah, Partai Nasdem siap menjadi oposisi.

"Kalau tidak ada oposisi, Nasdem saja yang jadi oposisi", Ungkap Surya Paloh seperti dilansir dari Kompas TV, Senin (21/10/2019).

Namun, sinyal tersebut seolah ditepis oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate, Menurutnya, seperti dilansir dari kompas.com, Selasa (22/10/2019), menegaskan partainya tetap berada dalam koalisi pemerintah.

Menurut Johnny, pernyataan Surya Paloh terkait akan menjadi oposisi pemerintah, tidak dikutip utuh oleh sejumlah media. Hal tersebut membuat sejumlah pihak salah tafsir.

Johnny mengatakan pihaknya akan tetap menyampaikan kritik yang konstruktif jika sistem checks and balance di DPR tak berjalan dengan baik.

Di lain pihak, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memang dari awal sudah berada di jalur oposisi, tetap menegaskan untuk mempertahankan posisinya menjadi oposisi dalam pemerintahan yang dipimpin Jokowi kali ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x