Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis dan Ibu dari 2 remaja yang suka belajar

Pengusaha CV.Galeri Ridha Madiun

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Storytelling dalam Kaidah Jurnalis Mendukung Dunia Kerja

25 September 2022   15:26 Diperbarui: 25 September 2022   15:38 206 17 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi storyteling mendukung dunia kerja. Foto by Tribunews

Storytelling sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak menyangka jika zaman sekarang storytelling bisa mendukung karir.

Namun, cerita yang menarik bukan saja sekadar menyampaikan kisah, tetapi harus bermakna dengan teknik penyampaian yang mudah dipahami. Dengan demikian perlu memiliki kemampuan bercerita.

Pengertian Storytelling

Suatu kegiatan atau aktivitas untuk menyampaikan sebuah cerita disebut dengan storytelling. Kata storytelling berasal dari kata story yang memiliki arti cerita atau kisah dan telling yang berarti penceritaan.(Restu, Gramedia, 2022)

Untuk menjadi storyteller, seseorang perlu belajar storytelling. Kognisi membantu kita belajar storytelling dan materi lain yang dapat mendukung karir sobat semua.

Dahulu storytelling dilakukan dengan lisan, seiring berjalannya waktu, seseorang bisa menikmati cerita melalui tulisan, seperti cerpen, novel.

Storytelling saat ini sudah masuk ke dunia kerja, seperti jurnalis, konten creator, perusahaan dan lain sebagainya. 

Seseorang yang pandai bercerita akan mudah menyampaikan gagasannya kepada atasan. Pun dapat memberikan informasi jelas kepada client, rekan kerja dan konsumen.

Saya mendapat penawaran dua kelas gratis dari kognisi.id melalui komunitas Indonesia Cintaku, Indonesia Bhineka. Ketua komunitas, Kang Bugi Sumirat saat itu memberitahu kami di grup Vlomaya.

Saya tertarik menerima penawaran, bukan karena gratisnya saja, tetapi kemanfaatan ke depannya. 

Jujur saja walaupun saya aktif menulis, tetapi masih merasa kurang berilmu. Masih banyak ilmu kepenulisan yang mesti saya pelajari.

Mengenal Kognisi

Kognisi.id adalah produk dari Growth Center persembahan Kompas Gramedia. Di sini kita akan menemukan berbagai kelas online sesuai dengan minat dan bakat guna menunjang pertumbuhan karir kita.

Cara belajarnya mandiri, kita membuka dan menyimak setiap vidio yang telah disediakan. Tidak bisa loncat-loncat nyimak vidionya, harus step by step, karena pembelajaran mulai dari perkenalan, dasar hingga puncak materi.

Setiap akhir vidio akan ada pertanyaan yang harus dijawab, setelah selesai akan beralih ke vidio berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan