Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu rumah tangga hobi menulis

IG. GaleriRidho_Sri Email : srirohmatiah@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Serundeng Gurih sebagai Pelengkap Nasi Pecel

5 Juli 2021   15:56 Diperbarui: 5 Juli 2021   17:17 278 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resep Serundeng Gurih sebagai Pelengkap Nasi Pecel
Ilustrasi dari hasil olah canva/foto nasi pecel dari resepkoki.id

Salam, Sahabat semua,

Kita sudah mengenal namanya serundeng, makanan pelengkap ini, di Madiun sering dipadukan dengan nasi pecel, nasi kuning, nasi uduk.

Anak saya membuat slogan sendiri "kalau tidak ada serundengnya bukan nasi pecel". Sebetulnya tidak mutlak dalam nasi pecel ada serundeng, tergantung kesukaan. Namun, tidak bisa dipungkiri, tanpa serundeng, nasi pecel kurang nikmat. 

Pada zaman dulu serundeng sering disajikan di atas nasi panas saja. Rasanya yang khas membuat masakan ini disukai banyak kalangan. 

Serundeng berbahan dasar kelapa yang belum begitu tua, tetapi, tidak muda. Biasanya penjual kelapa sudah mengerti, mana kelapa untuk santan, serundeng dan urab. Saya biasanya beli kelapa sekalian diparut.

Bukan rahasia jika kelapa banyak manfaatnya mulai dari akar hingga daunnya. Buah kelapa mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, serat, protein kalium dan magnesium yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Dalam pembuatan serundeng, air kelapa juga diperlukan karena dari air kelapa itulah makanan ini menjadi gurih, segar. dr. Allert Benedicto Ieuan Noya di laman hallo.dok, menjelaskan mengenai manfaat air kelapa :

  • Menyegarkan tenggorokan saat diminum
  • Mencegah dehidrasi dengan mengembalikan cairan tubuh setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga atau karena diare.
  • Melawan radikal bebas. Kita tahu radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Air kelapa bersifat antioksidan, sehingga mampu mengatasi radikal bebas.
  • Air kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, serta gangguan pada ginjal.
  • Air kelapa diyakini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung.

Masih banyak lagi manfaat kepala dan airnya. Sekarang saya akan berbagi bagaimana cara membuat serundeng. Makanan ini bisa disimpan di lemari es dan bisa bertahan 7 hari. Biasanya saya membagi menjadi dua toples. Ketika hendak dimakan dimasukkan ke dalam magic com atau dipanasi sebentar di wajan tanpa minyak.

Bahan serundeng/foto pribadi
Bahan serundeng/foto pribadi

Bahan :
butir kelapa diparut kasar
kg daging sapi
300 ml air kelapa
5 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
sendok teh jinten
1 sendok teh garam
1 batang gula merah
sendok teh ketumbar
1/2 ruas kunyit (tergantung selera)

Cara membuat :

  • Haluskan jinten, garam, ketumbar, bawang putih, gula merah, kunyit
  • Masukkan kelapa parut, air kelapa, daun jeruk, daging ke dalam wajan atau presto. Sebelum direbus, rames-rames dulu kelapa bersama bumbu halus hingga bumbu tercampur rata.
  • Jika memasak memakai presto, pastikan tidak gosong, setelah air cemek-cemek, pindahkan ke wajan untuk disangrai
  • Sangrai selundreng hingga warnanya kecokelatan. Untuk menyangrai membutuhkan waktu lama, jika akan ditinggal ke kamar mandi atau membalas chat, sebaiknya matikan kompor.
  • Sebagian orang menggunakan minyak goreng untuk menumis bumbu, kalau saya, tidak memakai minyak. Alasannya supaya tidak mudah tengik dan bisa tahan lama.

Sangrai serundeng/foto pribadi
Sangrai serundeng/foto pribadi
Selamat mencoba, Bunda.

Salam

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x