Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Penulis Buku "Kalau Berbeda, Lalu Kenapa?"

Photo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tiga Jenis Skincare yang Perlu Kita Ketahui

29 Mei 2021   10:01 Diperbarui: 29 Mei 2021   10:14 140 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Jenis Skincare yang Perlu Kita Ketahui
dokumen pribadi/foto sri Rohmatiah

Sahabatku yang berbahagia, khususnya emak-emak. Memiliki kulit sehat dan cantik adalah idaman kita semua. Namun, zaman sekarang kita dibingungkan dengan banyak iklan produk kosmetik dan skincare. Jauh berbeda ketika masa remaja saya yang tidak mengenal skincare atau produk kimia. 

Walaupun dulu tidak ada klinik perawatan kulit, tetapi para ibu rajin mengajarkan putra putrinya untuk pandai merawat kulit supaya sehat. Selain harus minum jamu godokan, kita juga disarankan memakai berbagai macam produk alami. 

1. Skincare tradisional dengan pucuk daun jambu biji

Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan secara tradisional, seperti menggunakan bengkuang, tomat, alpukat, jeruk, kulit pisang, lidah buaya. Namun, Ibu saya sering menyarankan memakai pucuk daun jambu biji. Mungkin tampak aneh jika sekarang dilakukan.

Bagaimana caranya daun jambu biji bisa dipakai perawatan?

- Ambil lima lembar pucuk daun jambu yang masih segar, lalu tumbuk halus. Kalau saya dulu punya ulekan dari batu sungai khusus ngulek daun jambu.

- Setelah halus, usap-usap ke wajah, leher dengan lembut. Untuk melembabkan kulit cukup memakai pelembab yang murahan. Memiliki jenis kulit normal. Saya tidak pernah mengalami masalah dengan kulit, seperti jerawat atau bersisik. Kalau warna kulit, sejak lahir memang sudah sawo matang, belum ada sih yang mengatakan sawo busuk, kecuali lagi bercanda.

Satu tahun tinggal di Jawa dan tidak pernah lagi memakai daun jambu, teman bilang, "Nci ... sekarang ko jadi lecek!"

Saya baru sadar dengan perubahan wajah. Atas izin suami, mulai melakukan skincare ke dokter. 

2. Skincare modern

Ada banyak jenis skincare di Indonesia, seperti Natasha, Larisa, Nava Green, Er-ha, dan lain sebagainya. Sebagian orang berpikir jika mengunjungi klinik kecantikan membutuhkan biaya besar. Produk-produk yang ditawarkan mahal. Untuk pertama memang cukup mahal, selanjutnya, tidak. Saya hanya disarankan memakai cream malam, siang, pagi, tirai, toner, susu pembersih dan sabun muka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x