Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Percaya Diri Hadapi Para Senior

30 Juli 2021   15:54 Diperbarui: 30 Juli 2021   15:56 50 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Percaya Diri Hadapi Para Senior
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Masuk dunia kerja, apalagi untuk yang pertama kali sungguh menjadi pengalaman yang tak kan pernah terlupakan. Apalagi, tak seorangpun personil yang kita kenal di tempat tersebut. 

Merasa menjadi senior bagi karyawan yang memang sudah lama bekerja adalah sesuatu hal yang manusiawi. Serta, merasa menjadi yunior saat pertama kali masuk dunia kerja adalah hal yang lumrah juga. 

Tidak perlu merasa minder atau kecil hati, yang penting kita mengerjakan tugas kita dengan baik, semua pasti akan baik-baik saja.

Beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan saat masuk ke dunia kerja pertama kali adalah

1. Tunjukkan kemampuan

Sebagai karyawan baru, kita mungkin perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja dan pekerjaan yang kita jalani. Namun selagi beradaptasi, tunjukkan kemampuan terbaik kita  di tempat kerja. Tunjukkan bahwa meskipun kita karyawan baru, kita memiliki potensi yang besar untuk berkembang.

2. Percaya diri

Meskipun karyawan baru, tetaplah percaya pada diri sendiri. Percayalah bahwa kita bisa memiliki kemampuan dan kesempatan yang sama dengan para karyawan yang telah lebih dulu datang dan bekerja di tempat tersebut. 

Tentunya, harus diimbangi dengan sikap rendah hati, karena sikap sombong justru akan membuat kita dijauhi para rekan kerja.

3. Menjalin hubungan baik dengan senior

Jangan anggap karyawan senior sebagai saingan, bahkan musuh. Anggaplah mereka sebagai seseorang yang bisa memberikan ilmu dan pengalaman lebih. Oleh karena itu menjalin hubungan baik dengan senior sangat diperlukan agar hubungan antar karyawan menjadi nyaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN