Mohon tunggu...
Sofyan Utiarahman
Sofyan Utiarahman Mohon Tunggu... Guru - Master Trainer MGPBE, Fasilitator, Narasumber Kependidikan, Motivator, Instruktur Nasional, Penulis Pemula

Sofyan Utiarahman. Pecinta aksara. Peselancar Media. Menulis dan belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Sentuhan Tangan Mama

5 Februari 2023   15:16 Diperbarui: 5 Februari 2023   15:32 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Dokpri. Desain Canva

Usai sholat Ashar, para jamaah belum beranjak dari tempat duduk masing-masing. Runcingnya butir hujan yang mengena bumi, meninggalkan bekas sedalam satu sentimeter pada tanah datar. Genangan air berkumpul ria di halaman. Tiupan angin mampu menarikan pohon kelapa menjulang. Hawa dingin menusuk tubuh terasa hingga tulang.Suasana sore itu, cocok untuk bermunajat. Melengkapi hati para jamaah yang tampak komat-kamit, larut dalam dzikir syahdu.

Tiga puluh menit kemudian.

Aku bergegas menuju rumah mama. Kemeja koko yang ku kenakan, tak kebal air hujan. Terasa di kulitku. Cuaca senja memerintahkan aku untuk mendekapkan kedua tangan.

"Assalamu alaikum."

"Waalaikum salam," terdengar suara serak dari Ibu setengah baya. Sepasang mata tajam menatapku. Setengah detik saja membalas tatapan itu. Lalu Aku menundukkan pandangan. Tak berani menatap mama lebih dari satu hentakan jarum detik. Setelah mencium tangan, kami ngobrol. Tentang banyak hal.

"Mama seduhkan kopi, ya?" Ujar beliau. Mama tau aku senang ngopi.

"Biar saya saja yang menyeduhnya, Ma," Aku menyela. Mama tidak peduli. Pergi ke dapur. Sementara Aku menyusul. Membantu mengambilkan gelas dan sendok. Tidak berapa lama suguhan kopi telah tersaji di meja.

"Mama belikan pisang goreng, ya?" sahut beliau sambil berlalu. Terus berjalan. Tanpa menoleh ke arahku.

"Saya yang beli, Ma. Cuaca dingin. Nanti masuk angin," suaraku setengah teriak. Mama tidak peduli. Laju langkah beliau. Meskipun usia sudah senja, tapi jalannya masih mampu menyeimbangi Hendro Yap atlet jalan cepat Indonesia.


"Ayo, pisang goreng masih panas."

"Alhamdulillah."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun