Mohon tunggu...
Sofia Risnanda Habib
Sofia Risnanda Habib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UM Membantu Mengajar di TPQ Al-Hasan Dusun Bendorejo, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Malang

24 Juli 2022   06:13 Diperbarui: 24 Juli 2022   06:40 90 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
TPQ Kelas Sore (Dokpri)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Antara 2022 Universitas Negeri Malang memberikan pengajaran mengaji secara sukarela di Taman Pendidikan Qur'an Al-Hasan. TPQ Al-Hasan berlokasi di Jl. Bendorejo, RT 20 RW 05, Dusun Bendorejo, Desa Sumberagung, Kec. Ngantang, Kabupaten Malang.

Kegiatan pengajaran ini merupakan salah satu program kerja selingan selain program kerja KKN utama yang telah direncanakan oleh 12 mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Sebelumnya koordinasi program kerja mengajar TPQ telah dilakukan bersama dengan Kepala Dusun Bendorejo dan Ustadz Winanto beserta istrinya Ustadzah Leni selaku pengurus dan pengajar TPQ Al-Hasan. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan inovasi pengajaran dan tenaga kerja tambahan bagi masyarakat terutama bagi TPQ Al-Hasan.

TPQ Al-Hasan menerapkan metode pengajaran tilawati dengan pembagian menjadi dua kelompok yaitu kelompok jilid dan kelompok Al-Qur'an. Kelompok jilid dibagi menjadi 4 kelas yaitu jilid 1 yang berisi 13 santri, jilid 3 yang berisi 7 santri, jilid 5 yang berisi 8 santri, dan jilid 6 yang berisi 5 santri. 

Sedangkan  untuk kelompok Al-Qur'an dibagi menjadi 4 kelas yaitu Al-Qur'an 1 berisi 12 santri, Al-Qur'an 2 berisi 7 santri, Al-Qur'an 3 berisi 10 santri, dan Al-Qur'an 4 berisi 14 santri. Total santri di TPQ Al-Hasan adalah 76 santri. Santri TPQ Al-Hasan terdiri dari anak-anak PAUD hingga SMP. Meskipun begitu kegiatan pembelajaran berjalan dengan menarik dan aktif.

Kegiatan pengajaran mengaji dilakukan seminggu dua kali di setiap hari Senin dan Rabu oleh 6 orang perwakilan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Waktu kegiatan pengajaran dilakukan pada jam 16.00 sore hingga jam 19.00 malam dengan pembagian 4 orang pada jam 16.00 -- 17.00 dan 2 orang pada jam 18.00 -- 19.00. 

Untuk pembagian tugas mengajar, 1 orang mengajar kelompok jilid 3, 2 orang mengajar kelompok jilid 4, 1 orang mengajar kelompok jilid 6, dan 2 orang mengajar kelompok Al-Qur'an.

TPQ Kelas Malam (Dokpri)
TPQ Kelas Malam (Dokpri)

Metode pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang sama seperti metode pembelajaran yang diterapkan di TPQ Al-Hasan. Kegiatan pembelajaran diawali dengan membaca do'a pembuka dan Asmaul Husna bersama-sama, dilanjutkan dengan membaca materi secara bersama di masing-masing kelas setelah itu akan dicontohkan oleh pengajar yang setelahnya disimak satu-persatu. Setelah disimak, santri akan diberi permainan agar tidak jenuh seperti tanya-jawab seputar agama Islam, tebak-tebakan ayat Al-Qur'an, dan hafalan gerakan dan bacaan shalat.

Kegiatan mengajar ini mendapatkan antusiasme yang baik dari santri-santriwati TPQ Al-Hasan. Harapan dari program kerja mengajar di TPQ Al-Hasan adalah dapat memudahkan dan membantu pengurus dan pengajar dalam mengurus TPQ dan santri Al-Hasan, memberikan inovasi belajar mengajar kepada santri dan satriwati, dan mendapatkan pengalaman dalam membaur dan menjadi bagian dari masyarakat luas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan