Mohon tunggu...
S.Hanna.
S.Hanna. Mohon Tunggu... Wiraswasta - Seorang ibu..

Wiraswasta, ibu rumah tangga, senang membaca tentang politik dan dunia usaha serta berita dunia.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jamu dan Herbal China dan Penggunaannya

25 Juli 2022   10:37 Diperbarui: 25 Juli 2022   10:46 135 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi obat tradisional China.(shutterstock.com/marilyna) via kompas.com


 

Obat herbal adalah obat yang dibuat dari bahan alam, baik tumbuhan, hewan atau mineral. Definisi obat herbal seringkali dicampuradukkan dengan obat tradisional atau jam

Jamu atau Herbal dibuat dari ekstrak tumbuhan atau hewan. Menurut sebuah studi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 80% dari populasi dunia masih bergantung pada obat-obatan herbal (jamu)

Tercatat paling banyak memakai dan mempercayai obat Herbal adalah China.

Obat herbal China  tradisional terdiri dari  tumbuh-tumbuhan (akar, batang, daun, buah) dan hewan (jeroan, kulit, tulang, organ, dll.)

Jamu China diyakini, sebagai cukup terbukti efektif dalam penyembuhan  untuk mengobati  pilek karena efeknya menguatkan tubuh.

Namun sebaiknya herbal atau jamu  digunakan hanya untuk gejala ringan. Kalau penyakitnya lebih parah, atau tidak ada perbaikan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter .

Sebagaimana obat kimia, tabib China juga mengakui, semua "obat" memiliki efek samping tertentu. Beberapa obat herbal Cina bahkan beracun.

Tabib China mengakui, ilmu pengetahuan dan teknologi telah menciptakan obat-obatan kimia yang mungkin lebih ampuh dari jamu atau herbal.

Tetapi pada saat yang sama herbal juga memperoleh perkembangan baru dengan kemajuan teknologi dan manajemen.

Obat herbal modern sebagian besar berbasis ekstrak, namun Barat terbiasa menyebut tumbuhan sebagai obat alami yaitu yang mengacu pada semua obat yang berasal dari alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan