Mohon tunggu...
Sofia Musyarrafah
Sofia Musyarrafah Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

seorang kompasianer cilik

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Kisah tentang Seorang Teman

24 November 2014   23:03 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:57 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tulisan ini saya ingin menceritakan tentang seseorang yang menurut saya memiliki gangguan identitas gender. Ia adalah seorang laki-laki yang saya lihat memiliki kecenderungan perilaku seperti perempuan. Pertama saya mengenalnya ketika kami masih sama-sama remaja. Ia cenderung senang berteman dengan perempuan, termasuk saya. Saya pun merasa nyaman berteman dengannya seperti layaknya teman perempuan yang lain. Saya tidak canggung seperti pada teman laki-laki lainnya.

Terkadang, perlakuan teman-teman yang laki-laki membuat saya jengkel. Mereka menertawai teman saya tadi karena akrab dengan perempuan. Ia juga diejek karena tidak bermain bola seperti yang lainnya. Saya dan temen-teman perempuan yang lain sering menyabarinya. Di sisi lain, saya juga terkadang heran dengan perilaku dan sifatnya tersebut. Namun pada saat itu saya tidak terlalu mengkhawatirkannya, yang penting ia adalah teman yang baik bagi saya.

Kami berteman cukup akrab selama beberapa tahun dan terpisah karena harus menempuh pendidikan di tempat berbeda. Lama tak mengetahui kabarnya hingga akhirnya saya tahu bahwa dia sekarang bekerja. Hal yang tidak saya sangka adalah pekerjaannya menuntutnya untuk berpakaian perempuan. Saya melihat berbagai fotonya dengan pakaian perempuan dan dengan gaya yang bahkan lebih feminin dari saya.

Saya mencoba menghubunginya, kami pun mulai bernostalgia. Namun, ketika diajak untuk bertemu atau reuni dengan teman-teman, dia selalu menolak. Ia beralasan sibuk dengan pekerjaannya. Namun terbersit dalam benak saya bahwa ia mungkin saja merasa malu dengan pekerjaannya sekarang.

Sekarang saya khawatir ia menjadi seorang setelah melihat fotonya yang bergaya mesra dengan laki-laki. Entahlah, apakah itu temannya, sahabatnya, atau siapa. Yang pasti jika ia masih mempertahankan identitas gendernya, ia tidak akan melakukan gaya tersebut. Semakin lama ia semaki sulit dihubungi. Kami pun mulai jauh dan saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuknya.

Ketika di kampus, saya mempelajari Psikologi Abnormal dan salah satu babnya adalah tentang gangguan identitas gender. Menurut Nevid, dkk (2003), terdapat ciri-ciri dari gangguan ini, yakni: ekspresi keinginan untuk menjadi bagian dari gender lainnya, sering kali berperilaku sebagai anggota gender lainnya, berharap hidup sebagai bagian dari gender lainnya, atau percaya bahwa emosi dan perilaku mereka setipe dengan gender lainnya. Ciri-ciri tersebut dapat saya lihat pada diri teman saya tersebut.

Saya sangat ingin berdialog secara mendalam dengan teman saya tersebut. Sebagai calon sarjana Psikologi saya merasa ingin mengetahui isi hati dan pikirannya sehingga ia berperilaku seperti itu. Saya pun ingin membantu mengembalikan identitas gendernya seperti laki-laki pada umumnya sehingga ia dapat hidup normal dan dihargai oleh lingkungannya. Namun, hal itu tidak akan pernah terwujud tanpa adanya niat dari teman saya tersebut untuk berubah.

Itulah cerita saya hari ini. Terimakasih.

Semoga bermanfaat, amiin :)

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun