Mohon tunggu...
Skillsid
Skillsid Mohon Tunggu... Workshop

Skills ID adalah sarana online bagi mereka yang ingin meningkatkan keterampilan dengan cara yang menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

3 Alasan Perlunya Mempelajari "Public Speaking" Sejak Dini

21 Agustus 2019   14:07 Diperbarui: 21 Agustus 2019   14:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
3 Alasan Perlunya Mempelajari "Public Speaking" Sejak Dini
SKILLS.ID -

Tidak sedikit anak-anak di Indonesia yang merasa takut dan malu jika harus berbicara di depan umum, seperti saat di sekolah ketika ia disuruh oleh sang guru untuk menjelaskan apa yang sudah dipelajarinya kepada teman-temannya. Entah karena banyak teman-teman yang menyemangatinya dan membuatnya menjadi gugup, atau karena takut salah berucap, atau juga malu menyampaikan hingga menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Semua faktor itulah yang bisa terjadi pada seorang anak sejak dini. Tapi, tahukah kamu apa alasan sebenarnya bagi seorang anak untuk bisa berbicara di depan umum (Public Speaking)? Dan inilah, 3 alasan menurut Miss Via (salah satu educator di Skills.ID) kenapa seorang anak perlu mempelajari Public Speaking sejak dini.

Alasan bagi seorang anak perlu dan wajib untuk mempelajari Public Speaking sejak dini karena beberapa hal. Yang pertama, adalah untuk eksplorasi perasaannya. Ketika sang anak mampu mengeksplorasi perasaannya, saat itu juga mereka mampu untuk menyampaikan keinginan atau kebutuhannya. Maka, hal inilah yang akan mempermudah kehidupannya, terutama untuk guru ataupun untuk orang tua. Karena mereka akan lebih mudah untuk memahami dan mengerti apa kebutuhan anak tersebut.

Kemudian alasan kedua, adalah untuk membentuk kepribadian dari anak tersebut. Kepribadian seperti apa? Kepribadian yang percaya diri, terbuka, dan juga humble. Kenapa kepribadian tersebut diperlukan? Karena, ketika kita mengajarkan hal-hal positif seperti itu sejak dini, maka saat dewasa nanti kepribadian itu akan sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan dan perkembangan sang anak.

Dan alasan ketiga, adalah aktif dan berprestasi. Ketika seorang anak sudah percaya diri, berani, mampu mengekspresikan perasaannya dan menyampaikan apa yang dia inginkan secara lebih komunikatif. Maka, mereka akan cenderung lebih aktif dan juga berprestasi, baik di sekolah atau dimanapun. Karena anak-anak seperti ini, cenderung menonjol daripada orang lain dimanapun ia berada dan juga, mereka adalah orang-orang yang biasanya disukai oleh banyak orang.

Rasa malu atau takut memang bisa menghampiri kapan saja dan dimana saja. Tapi, perasaan itu juga bisa diatasi kapan saja jika sang anak mau belajar dan dimana saja asal sang anak mau mencoba mempelajarinya. Jadi, buatlah sang anak untuk terus belajar dan mencoba ya Mom's.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x