Mohon tunggu...
Siti Nur Munazilah
Siti Nur Munazilah Mohon Tunggu... Editor - SITI NUR MUNAZILAH

Never Stop Dreaming

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Bersama UMKM Sari Lerak Sedjati, Mahasiswa KKN Tematik MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Lakukan Inovasi dan Branding Produk

16 April 2022   10:29 Diperbarui: 16 April 2022   11:12 114 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SURABAYA - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok 43, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM di Keluarahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan terhitung dari tanggal 21 Maret - 30 Juni 2022.

Manukan Kulon diketahui memiliki banyak UMKM makanan dan minuman. Tetapi selain UMKM makanan dan minuman, Manukan Kulon juga memiliki UMKM sabun cuci yang telah dikenal oleh masyarakat Surabaya yaitu "Sari Lerak Sedjati". UMKM ini mengolah buah lerak menjadi sebuah sabun cuci baju khususnya baju batik. Selain sabun cuci, mereka juga mengolah buah lerak menjadi  produk shampoo lerak.

Buah Lerak sendiri memiliki banyak manfaat lain selain menjadi sabun cuci batik dan juga shampoo. Manfaat lain buah lerak yaitu untuk detergen alami, sabun mandi, antiseptik, bahkan dapat juga digunakan untuk membersihkan barang berharga yang terbuat dari logam mulia seperti emas dan perak.

Kali ini kelompok 43 memiliki kegiatan yaitu membantu dalam pemasaran UMKM "Sari Lerak Sedjati" karena kami melihat pasaran UMKM ini lebih dikenal oleh kalangan orang tua, maka kali ini kami membantu mengembangkan pemasaran digital UMKM "Sari Lerak Sedjati" agar lebih dikenal juga oleh kalangan anak muda. 

Hal pertama yang kami lakukan yaitu melakukan foto produk serta membuatkan desain feeds Instagram agar lebih menarik ketika di posting. Setelah itu kami juga melakukan endorse pada beberapa anak muda untuk memperluas minat dari produk "Sari Lerak Sedjati".

Selain membantu melakukan pemasaran digital, anggota kelompok 43 juga ikut mempelajari proses pembuatan produk sabun "Sari Lerak Sedjati" mulai dari merebus buah lerak hingga pemberian parfum untuk meminimalisirkan bau khas dari buah lerak, dan sabun lerak juga dapat digunakan sebagai pewangi alami untuk baju yang telah dicuci. 

Selain itu kami juga membantu proses pengemasan produk mulai dari memasukan produk ke dalam botol hingga memasukan ke dalam dus untuk dikirim ke supplier.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh anggota kelompok 43 dibimbing langsung oleh Ibu Risnawati selaku pemilik dari UMKM "Sari Lerak Sedjati". Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM ini, diharapkan UMKM "Sari Lerak Sedjati" dapat lebih meningkat kesuksesannya. Sehingga nantinya apa yang sudah dikembangkan oleh kelompok 43 akan dinikmati hasilnya oleh UMKM "Sari Lerak Sedjati".

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan