Mohon tunggu...
Siti Lufiah Ramadani
Siti Lufiah Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Sedang KKN

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN Tematik 2021: Meningkatkan Semangat Belajar Anak dalam Situasi Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021   13:34 Diperbarui: 3 Agustus 2021   09:48 48 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik 2021: Meningkatkan Semangat Belajar Anak dalam Situasi Pandemi Covid-19
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sejak Maret 2020 Indonesia menghadapi covid-19, sampai saat ini juga belum berakhir. Hal tersebut menyebabkan banyak perubahan bahkan kerugian dalam berbagai aspek bidang kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan.

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan secara daring agar kegiatan belajar mengajar tetap terjaga dan menghindari persebaran Covid-19.

sudah cukup lama pembelajaran daring dilakukan, hal itu membuat siswa serta orang tua menjadi mengeluh.

Bagaimana tidak, banyak orang tua yang bekerja dari pagi sampai sore. Sehingga orang tua tidak bisa mendampingi anaknya yang melakukan pembelajaran daring.

Untungnya guru memaklumi hal itu, jadi untuk siswa yang orang tuanya bekerja dapat mengumpulkan tugas pada malam hari tau pada hari berikutnya.

Untuk meningkatkan semangat belajar anak pada masa pandemic saya mengajak anak yang berada disekitar rumah terutama pada anak PAUD untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Kegiatan menyenangkan tersebut seperti kita mengerjakan tugas bersama dan belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Tidak lupa untuk tetap mematuhi protocol kesehatan.

Salah satu media pembelajaran yang saya buat yaitu "Pohon Berhitung". Saya membuat media tersebut dengan menggunakan karton yang dibentuk seperti pohon. Dengan pohon berhitung anak-anak menjadi senang dan bersemangat untuk belajar penjumlahan.
Tidak lupa untuk diselingi kegiatan menyenangkan lainnya dengan bernyanyi, menggambar dan mewarnai. Dengan kegiatan menyenangkan tersebut anak menjadi lebih semangat dan tidak hanya bermain dengan handphone nya.  

Orang tua juga menerima dengan baik kegiatan yang saya buat, karena orang tua juga tidak perlu mengkhawatirkan lagi anak-anaknya dalam mengerjakan tugas dan belajar.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x