Mohon tunggu...
Siska Dian Wahyunita
Siska Dian Wahyunita Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Ibu rumah tangga yang punya hobi menulis dan aktif ngeblog di siskadwyta.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengintip Potensi Wisata Likupang dalam International Conference "Discover The Hidden Paradise"

24 Maret 2022   10:27 Diperbarui: 24 Maret 2022   13:26 3796
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Likupang, surga tersembunyi di Sulawesi Utara (source : slide wonderful Indonesia)

Likupang. Nama yang unik. Saya baru mengenal destinasi wisata yang ada di Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara ini saat menghadiri International Conference, Likupang-North SulawesiDiscover The Hidden Paradise secara virtual.

Ya ampun, kemana saja saya selama ini. Sebagai orang Sulawesi saya merasa tertinggal karena baru mengenal Sulawesi Utara sebatas Bunaken dan Manado saja.

Padahal, masih banyak potensi wisata surgawi di Sulawesi Utara. Salah satunya Likupang yang lokasinya hanya menempuh perjalanan sekitar 1 jam 15 menit dari Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado. 

Hanya saja, kecantikan alam yang dimiliki Likupang belum diketahui banyak orang sehingga masih disebut sebagai surga tersembunyi.

Nama Likupang sendiri telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 15 Juli 2019 sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia. Mengikuti empat destinasi Bali Baru lainnya yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo yang telah lebih dulu menyandang cluster super prioritas.

Dalam upaya untuk memperkuat pariwisata Sulawesi Utara baik di kancah domestik maupun Internasional, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF) menggelar konferensi internasional bertajuk Discovery Likupang, North Sulawesi - Discover The Hidden Paradise.

Flyer acara Konferensi International Likupang (source : IG @kemenparekraf.ri)
Flyer acara Konferensi International Likupang (source : IG @kemenparekraf.ri)
Kegiatan bertaraf Internasional ini merupakan kolaborasi antara KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Harian Kompas. Dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) di Novotel Manado Golf Resort and Convention Center pada Selasa (8/3/2022).

Tujuannya adalah selain untuk mempromosikan keindahan alam Likupang sebagai Destinasi Super Prioritas sekaligus menggali berbagai potensi produk wisata yang ada di Likupang dan sekitarnya agar dapat dikembangkan dengan upaya pelestarian alam dan budaya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan DSP Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara memang membutuhkan perencanaan pembangunan yang terintegrasi. Dimana pemerintah perlu memaksimalkan potensi alam yang sudah ada, termasuk keanekaragaman hayati.

Inilah yang menjadi pokok bahasan dalam konferensi internasional yang saya saksikan lewat Zoom.

Senada dengan yang disampaikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui Kepala Dinas Pariwisata Hendry Richard Willard Kaitjily dalam sambutannya, pengembangan wisata Likupang dijalankan berbarengan dengan mendongkrak ekonomi masyarakat dan tetap konsisten menjaga alam di dalamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun