Bulan November 2021 lalu, saya meminta bantuan kakak untuk menghubungi salah satu langganan beliau, sebuah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna membeli beberapa set pakaian dalam. Karena saya tidak menemukan nomer hape si Teteh penjual yang pernah beliau berikan.
Rupanya sistem penyimpanan nomer kontak di tablet saya yang agak error. Ada yang tersimpan melalui email, ada juga yang melalui simcard. Sehingga ketika dicari ulang, tak mau tertampil di layar.
Setelah kakak berhasil menghubungi dan berdiskusi jenis pakaian dalam mana yang akan dibeli untuk anak gadis saya, akhirnya proses packing dan pengiriman pun dilakukan. Kakak mengirimkan info melalui perpesanan whatsapp, paket akan dikirim melalui Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).
"In syaa Allah 3 atau 4 hari sampai ya, Tante. Ini bukti resinya, ditunggu aja." Demikian kakak sampaikan kepada saya. Alhamdulillah, paket datang tepat waktu sesuai estimasi.
Anak gadis saya riang tak terkira. Selain memang sudah menunggu kiriman budenya sejak pengiriman, barang yang diterima berupa pakaian dalam, dikirim sesuai gambar dan pilihannya, dan tiba dengan aman.
***
Saya pun menyempatkan diri menghubungi Teh Hayati Suhara melalui perpesan dan telponan, pelaku UMKM yang memfokuskan diri berjualan pakaian dalam merek tertentu.
Beliau memulai jualan usaha ini sejak 2015 melalui offline, dan merambah melalui online pada 2017. Pasokan pakaian dalamnya, beliau datangkan dari Bandung.
"Untuk pengiriman barangnya, sebenarnya saya serahkan pilihan kepada pembeli, Mbak. Hanya saja saya menyarakankan pake JNE, karena selaku penjual, saya merasa lebih nyaman dan aman pake kurir ini." Teh Yati mulai bercerita ketika saya bertanya mengenai kurir pengiriman.Â
"Selain juga kantornya lebih dekat dan mudah dijangkau dari rumah saya, petugasnya ramah, sopan dan terbukti amanah. Soal harga, in shaa Allah masih terjangkau." Lanjutnya.
"Sejauh ini saya memakai jasa ekspedisi JNE, alhamdulillah barang selalu aman dan sampai tujuan sesuai estimasi. Bahkan kadang lebih cepat dari estimasi pengiriman." Tambah Teh Yati tentang kepuasannya menggunakan ekspedisi ini.
Saya pun setuju dengan beliau. Karena saya juga merasakan hal yang sama sejak dulu ketika menggunakan jasa JNE. Yaitu berkaitan dengan kepuasan layanan, ketepatan waktu, dan harga masih bisa terjangkau sesuai dengan pilihan layanan pengiriman yang tersedia.
***
Awal Desember 2021, gantian saya berkirim kepada kakak, lebih tepatnya, menitipkan hadiah berupa tiga buku antologi untuk muridnya yang memberikan komentar terbaik saat mendukung saya mengikuti lomba baca cerpen tingkat nasional.
Dukungan mereka berupa menyaksikan tayangan penampilan saya saat membaca cerpen dan mengirimkan ulasan tentang isi cerita melalui grup perpesanan kelas. Beberapa komentar menarik dan unik, kakak kirimkan ke saya, untuk memilih mana yang terbaik.
Hadiah saya kirimkan untuk mereka melalui kakak yang berprofesi sebagai guru, di wilayah sekitar kaki Gunung Slamet, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.
Alhamdulillah, layanan JNE sekarang makin menjangkau ke daerah pelosok. Penerima paket tak harus datang ke kota kabupaten atau kota kecamatan untuk mengambilnya. Para petugas dan kurir mengantarkan hingga tujuan, meski berada di tempat terpencil. Apalagi sarana dan prasarana jalan menunjang, melancarkan proses pengiriman tepat waktu.
Buku diterima oleh keponakan saya yang kebetulan juga bertugas di sekolah yang sama sebagai tenaga administrasi. Saat itu, kakak sedang mengikuti pelatihan di luar kota. Paket pun dibuka oleh cucu beliau, Zhea, yang rekaman videonya saya unggah di kanal youtube saya.
***
Kehadiran JNE selama 31 tahun ini sangat membantu konsumen dalam menggerakan kegiatan ekespedisi dan pastinya menunjang perputaran perekonomian masyarakat.
Kepercayaan konsumen kepada JNE, karena bukti nyata menjaga amanah yang dilakukan oleh para jajaran managemennya, mulai dari pimpinan hingga petugas di lapangan.
Saya pribadi merasa nyaman, aman, kualitas layanan prima dan paket yang diterima atau dikirm dalam keadaan baik. Itu semua karena usaha dan keeja keras JNE menjaga amanah tersebut. Meski saya bukan pelaku UMKM, saya turut merasakan kelancaran ekonomi para pelaku, karena saya juga kadang-kadang membeli produk mereka dan menggunakan jasa kurir yang sama.
Selamat Ulang Tahun ke-31, JNE. Terus berkiprah memajukan ekonomi Indonesia dan dunia. Sukses selalu.
Sebelum saya tutup tulisan ini, izinkan saya berbagi video kegirangan Zhea, anak keponakan saya, saat unboxing paket dari JNE, berupa buku bacaan hadiah dari Mbah Uti-nya. Semoga Zhea menjadi anak dan cucu sholehah yang gemar membaca dan kelak menyukai dunia literasi di zaman remaja dan dewasanya, aamiin.
JNE, oh, JNE! Aku padamu, deh! (Baca: sambil mengulurkan ikon finger heart dengan dua tangan).
***
#tulisanke-296
#EventNulisJNE
#DiarySiskaArtati
#NulisdiKompasiana
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI