Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Mengenal Jenis dan Cara Pengolahan Bahan Kulit Asli

23 Juni 2021   10:03 Diperbarui: 23 Juni 2021   11:22 473 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar: https://haikiindonesia.com


Pembaca Kompasiana yang berbinar mata dengan senyum merekah menghias wajah! 

Semangat pagi!

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa produk fesyen berbahan kulit asli seperti sepatu, tas, dompet, ikat pinggang dan lain sebagianya, bisa terbuat dari berbagai jenis yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, serta memiliki cara perawatan dan pemeliharaan yang berbeda satu sama lain.

Sehingga, penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenal jenis kulit apa saja yang ada pada produk yang digunakan tersebut, cara membedakannya dan cara perawatan dari jenisnya.

Tulisan kali ini mengambil contoh tentang produk sepatu kulit, yang mana ilmu mengenai jenis dan cara pengolahan bahan kulit asli, saya rangkumkan dari penjelasan Adrianto Priyo Sambodo melalui pembelajaran daring - biasa disapa Mas Dodo, pemilik The Cobbler Shoe Care and Repair Service, pengusaha yang bergerak di bidang jasa perawatan perbaikan sepatu di Yogyakarta.

Secara umum, kulit yang digunakan dalam berbagai produk fesyen seperti, tas, sepatu, jaket, dompet dan lain sebagainya, bisa dibagi dari sumber keasliannya. 

Pertama, Genuine (Authentic) Leather, yang merupakan bahan kulit asli dari hewan. Kedua, Synthetic Leather, yang merupakan bahan kulit sintetis, bukan dari kulit hewan. Bisa dari pengolahan bahan kimia ataupun dari karet (rubber). Ketiga, Faux Leather, merupakan bahan kulit sintetis yang mengandung campuran dari kulit asli (genuine) dan sintetis, namun komposisinya lebih didominasi oleh bahan sintetis daripada kulit asli. Biasanya berkisar 70 - 80 persen kulit sintetis dan 20 - 30 persen kulit hewan. Jenis ketiga ini sering kita jumpai pada produk dompet, passport holder (tempat penyimpanan passport), atau card holder (tempat penyimpanan kartu nama).


Kulit Asli (Genuine Leather)

Banyak sekali produsen sepatu dan dompet yang menggunakan kulit asli pada produknya. Kita sebagai konsumen, terkadang masih belum sepenuhnya mengenali dan membedakan mana produk kulit asli dan kulit sintetis. 

Sebelum mengidentifikas lebih jauh tentang kedua jenis bahan ini, mari kita telusuri jenis dan bahan kulit asli yang biasa digunakan di berbagai tempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fesyen Selengkapnya
Lihat Fesyen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan