Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Bawang Goreng Renyah nan Krispi, Pelengkap Rasa Mewah di Setiap Masakan

10 Mei 2021   12:38 Diperbarui: 11 Mei 2021   17:55 281 22 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bawang Goreng Renyah nan Krispi, Pelengkap Rasa Mewah di Setiap Masakan
Bawang goreng renyah nan krispi, membuatnya pun perlu ilmu | Dok.Pri. Siska Artati

Semangat Pagi, Pembaca Kompasiana yang Berseri Wajahnya.

Apakabar semua? In syaa Allah tetap bahagia dan selalu tersenyum, ya. Jangan lemes, dong! Boleh deh, baring sejenak, rebahan beberapa menit. Nikmati bacaan yang Anda suka, termasuk artikel ini.

Kita semua pasti mengenal bahan dasar bumbu yang satu ini. Yup, Bawang Merah! Setiap menu masakan hampir selalu menggunakannya.

Bawang Merah (Allium Ascalonium), disebut shallot dalam bahasa Inggris. Berupa umbi berlapis, ukurannya hampir sama dengan bawang putih, kulitnya berwarna merah keungunan. 

Bila diiris, aromanya menyengat, kadang membuat mata pedih dan berair. Beruntungnya, ketika mengupas dan mengiris untuk menyiapkan resep ini, saya tak mengalami hal ini, karena menggunakan softlens sebagai alat bantu penglihatan sehari-hari. Jadi, cukup aman dari uapnya yang bisa membuat termehek-mehek.

Saat membeli, pilihlah umbi yang masih segar dan kering. Bawang merah dengan ukuran sedang, biasanya lebih manis dibanding dengan yang berukuran besar. Untuk bawang goreng, bawang merah dengan ukuran sedang juga lebih cepat kering karena kadar airnya lebih sedikit. Selain untuk bumbu, bawang merah bisa diolah menjadi acar. Simpan bawang merah di tempat yang kering dan terbuka.

Baca juga: Jangan Buang Tempe Busuk, Jadikan 'Mendol' Ajah!

Nah, kali ini saya berbagi resep kepada pembaca sekalian, yaitu Bawang Goreng Renyah nan Krispi, pelengkap rasa mewah di setiap masakan. Lebih berasa gurih ketika menyantap makanan. Mak krenyes!

Bahan yang diperlukan hanya 4 saja:

  • Bawang merah 1/2kg, kupas, cuci bersih, iris tipis
  • Dua sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bawang merah kupas, iris tipis dan telah berbalur garam dan tepung beras | Dok.Pri.Siska Artati
Bawang merah kupas, iris tipis dan telah berbalur garam dan tepung beras | Dok.Pri.Siska Artati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN