Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Jalan-jalan ke Negeri Romantis melalui "Insight Germany: Cakrawala Negeri dan Budaya Jerman"

6 April 2021   12:00 Diperbarui: 6 April 2021   12:19 277 23 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalan-jalan ke Negeri Romantis melalui "Insight Germany: Cakrawala Negeri dan Budaya Jerman"
Sumber gambar Dok.Pribadi melalui olah InCollage


Suatu hari, di sebuah grup Whatsapp yang saya ikuti, salah satu kawan mengunggah foto dirinya dengan menunjukkan buku berjudul seperti yang tertera di atas. Langsung terbersit di hati saya, "Wah, senengnya punya buku itu!". Terlintas di pikiran untuk memiliki dan ingin membelinya. Sehubungan saya sedang menyelesaikan membaca beberapa buku, keinginan untuk bertanya kepada kawan tersebut tertunda. Niatnya sih, mau tanya kalau dana sudah tersedia.

Tak disangka, beberapa pekan kemudian, saya malah dihubungi langsung oleh penulisnya melalui whatsapp. Beliau bertanya, apakah sudah menerima buku kiriman darinya? Saya bingung, buku apa ya? Karena takada kiriman paket berupa buku.
Ternyata, beliau berniat mengirimkan buku karyanya, langsung dari penerbit ke alamat saya. Setelah dikonfirmasi, akhirnya selang beberapa hari kemudian, buku bersampul biru itu mendarat mulus di tangan saya!
MasyaAllah, beneran lho gak disangka, cuma sempat mbatin aja, malah dapat buku ini dari Mbak Hennie Triana OberstKompasianer senior bercentrang biru!

***

Jerman, sebuah negara di Eropa Barat yang sangat maju. Deutschland,  secara resmi disebut sebagai Republik Federal Jerman (bahasa Jerman: Bundesrepublik Deutschland) adalah negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia.

Saya mengenal Jerman berawal dari pelajaran bahasa asing semasa remaja saat menempuh pendidikan jenjang sekolah menengah atas. Guru Bahasa Jerman, Bu Reni, dengan sabar mengajar kami mengenal bahasa inj dan beberapa sejarah berkaitan dengan negeri panzer tersebut.

Buku Panduan Belajar Bahasa Jerman masa SMA Kelas 2 (Dok.Pri)
Buku Panduan Belajar Bahasa Jerman masa SMA Kelas 2 (Dok.Pri)

Saya ikuti pelajaran beliau dengan tekun dan mendapat majalah Jugendmagazin jika berhasil mendapatkan nilai tertinggi sesuai standard Bu Reni saat ulangan harian. Majalah tersebut sempat saya kumpulkan hingga masa kuliah, namun hanya buku panduan belajar pada foto di atas yang bisa saya selamatkan saat berpindah kost hingga menetap di kota yang saya tempat sekarang ini.

Omong-omong, setiap ada pagelaran Piala Dunia, tim yang saya jagokan, ya Jerman. Meski takpaham dengan pernak-pernak dunia persepakbolaan, tahunya hanya jumlah pemain, cara bermain, tetep aja asyik teriak gooooooool!
Dukungan saya berikan kepada Jerman, ya karena kenal negara ini dari belajar bahasanya saat seragam putih abu-abu.

***

Hampir sepekan lebih saya membaca isi buku yang dianggit oleh Mbak Hennie. Beberapa tulisan telah terunggah di laman akun kompasiana beliau  dan sebagian belum pernah saya baca. Maklumlah, pendatang baru seperti saya musti rajin blogwalking untuk silaturahim dan membaca karya sesama kompasianer. Bersyukur, kali ini saya mendapat kemudahan dengan membaca tulisan Mbak Hennie melalui buku fisik, sebagai wujud karya beliau setelah sepuluh tahun berkiprah di beyond blogging tersebut.

Peta Negara Jerman, bidik layar Buku Auf Deutsch gesagt (Dok.Pri)
Peta Negara Jerman, bidik layar Buku Auf Deutsch gesagt (Dok.Pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN