Mohon tunggu...
Rosmani Huang
Rosmani Huang Mohon Tunggu... Karyawan swasta - Karyawan Swasta

Enjoy this life with positive thinking

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sudah Berbuat Apakah Saya untuk Negara Tercinta, Indonesia?

17 Agustus 2017   19:52 Diperbarui: 8 Juli 2020   12:33 689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Kompasiana.com

Hari ini, tanggal 17 Agustus 2017, merupakan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke- 72. Bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaam RI yang ke -72, Kompasiana mengadakan kompetisi dengan tema "Sudah Berbuat Apa Untuk Indonesia?".

Saya termenung sejenak memikirkan apa sih yang sudah saya perbuat untuk negara kita tercinta ini selama hidup saya ini? Karena saya hanya warga negara biasa, maka sumbangsih saya bukan sesuatu yang luar biasa untuk dibicarakan. Bagi saya sumbangsih saya itu sangat kecil, tidak ada artinya sama sekali jika dibandingkan dengan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia ini.

Hal-hal kecil yang telah saya lakukan selama ini untuk negara kita tercinta ini, adalah:

- Mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Selama hidup, saya selalu berusaha untuk menjadi warga negara yang baik dengan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan. Tidak pernah berbuat onar dan keributan. Tidak pernah berurusan dengan pihak yang berwajib untuk hal sekecil apapun.

- Turut serta menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Saya selalu mengantongi bungkusan makanan yang saya makan seandainya tidak ada tempat sampah dan membuangnya ke tempat sampah yang ada di rumah. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, walaupun kecil artinya tetapi kalau semua orang bersikap seperti itu, bukankah negara kita tercinta ini akan jadi bersih dan indah?

- Bersikap disiplin.

Kalau Jepang terkenal dengan disiplinnya maka jujur Indonesia selalu terkenal dengan ketidakdisiplinannya. Jadi dengan bersikap disiplin setidaknya saya berusaha menghilangkan image tentang jam karet di Indonesia.

-Patuh membayar pajak.

Sebagai karyawan swasta saya selalu patuh membayar pajak. Pajak yang saya bayar adalah sesuai dengan penghasilan yang saya terima. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun