Mohon tunggu...
Sari Merah
Sari Merah Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

3 Manfaat Buah Merah Khas dari Tanah Papua

7 Desember 2016   10:35 Diperbarui: 10 Desember 2016   09:38 823 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Manfaat Buah Merah Khas dari Tanah Papua
ramuankunoku.blogspot.co.id

Mengutip informasi dari Wikipedia.org, buah merah adalah salah satu buah khas tradisional yang tumbuh di dataran Irian Jaya atau Papua. Buah merah ini merupakan tanaman yang dikategorikan ke dalam keluarga pandan (famili: Pandanaceae) dan mempunyai istilah latin yaitu Pandanus conoideus.

Buah merah yang diistilahkan oleh orang-orang Papua dengan istilah kuansu tersebut mempunyai ukuran yang besar dibandingkan buah rata-rata. Pohon dari buah merah ini bisa mencapai total tinggi kurang lebih 16 meter secara rata-rata. Ditambah juga dengan akar-akar tunjang yang sangat kokoh di bawah pohon buah merah ini.

Sedangkan buahnya sendiri, buah ini memiliki diameter kira-kira 10-15 cm dan dengan bobot kurang lebih 2 (dua) hingga 3 (tiga) kg. Lalu total panjang buah ini bisa mencapai 50 hingga 55 cm.

Buah merah Papua sendiri inipun diambil namanya dikarenakan warna kulit dari buah merah ketika sudah menjadi matang. Buah merah matang memiliki warna merah atau merah marun. Tetapi, ditemukan juga satu dua varian lainnya yang memiliki warna coklat dan coklat kekuningan.

Buah ini oleh masyarakat Papua seringkali diolah sebagai obat ataupun menjadi bahan makanan yang bisa disantap ketika sedang berlangsung acara adat.

Lalu, beberapa manfaat buah merah Papua untuk kesehatan seperti sebagai obat asam urat, obat HIV AIDS, obat osteoporosis, obat stroke dan darah tinggi, pun bisa dipakai untuk mengobati serta mencegah sakit mata serta untuk memperbesar vitalitas dan kesuburan ibu.

KANDUNGAN BUAH MERAH PAPUA

koleksi pribadi
koleksi pribadi
Salah satu yang menyebabkan buah merah ini menjadi terkenal dan pembicaraan oleh orang-orang tidak lain adalah salah satu penelitian yang dilakukan oleh salah satu dosen dan peneliti di Universitas Cendrawasih (UNCEN) yaitu Dr. Made yang meneliti dan menemukan berbagai macam khasiat serta manfaat dari buah merah Papua ini.

Penelitian yang dilakukan Dr. Made tersebut bermula dari rasa penasaran dan pengamatan Pak Made sendiri yang melihat warga Papua, terutama yang berasal dari Wamena, Timika, dan wilayah pedesaan di kawasan pegunungan Jayawijaya yang memiliki stamina yang tinggi serta bentuk tubuh yang besar.

Dan nyatanya, orang-orang tersebut memang memakan buah ini dalam aktivitas hariannya. Hal itu yang membuat Pak Made melakukan penelitian untuk membuktikan apakah terdapat hubungan antara konsumsi buah merah dengan peningkatan stamina dan juga ukuran tubuh yang kekar dan bugar.

Ternyata, memang buah merah Papua memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Antioksidan-antioksidan tersebut ialah karoten (sebesar 12.000 ppm), tokoferol (sebesar 11.000), serta betakaroten (sebesar 700 ppm).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x