Mohon tunggu...
Berliana Siregar
Berliana Siregar Mohon Tunggu... Boru Batak.....Sing a song and LISOY

Kerjakan yang menjadi bagianmu.. Pikirkan hal-hal ringan @@##Kreatiflah@!!!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Usaha Kopi: Banteng di Negeri Orang, Kambing di Negeri Sendiri

6 Desember 2018   10:12 Diperbarui: 6 Desember 2018   10:22 0 2 0 Mohon Tunggu...
Usaha Kopi: Banteng di Negeri Orang, Kambing di Negeri Sendiri
Foto Usaha Gerobak Kopi Marasi

Bagai lirik lagu, usaha kopi Indonesia belum senikmat rasa dan seharum aromanya.

Masih bagai Banteng Di Negeri Orang, Kambing Di Negeri Sendiri. Kenapa?

Sumatera adalah sebuah pulau dengan keindahan yang sempurna. Apa yang tak ada di pulau paling barat Indonesia ini. Mulai dari kekayaan alam, kuliner, hewan bahkan suku-suku beragam di dalamnya. YAng dari dulu dan sekarang akan bakalan menjadi primadona Usaha Kopi/Warung Kopi, Kedai Kopi.

USaha-usaha kopi dengan skala kecil menengah ini patut dilirik oleh siapa saja. Termasuk pemerintah, pengusaha, para milenial, kaum innovator.

Seorang pelaku UMKM bernama MArasie (Kawan suami saya) mendirikan usaha kopi di Medan, telah berhasil menaikkan kelas usaha kecil kaki lima dengan pelanggan dari kelas bawah, menengah bahkan kaum elite.  Hanya dengan modal gerobak kecil, gelas, kopi andalan dari beberapa wilayah Sumatera diletakkan dalam remang malam, alat-alat seduh kopi yang semi modern, beralaskan tanah dan atap langit menghitam  Medan, belasan sampai puluhan orang singgah sekelak. Hanya untuk menikmati secangkir atau segelas kopi nikmat Sumatera yang berasal dari Humbahas, Lampung, Aceh, Karo, Samosir, Simalungun, bahkan sebagian kecil dari wilayah lain Indonesia.

Salah satu usaha kecil yang menjadi khas di pulau ini yang memiliki potensi besar adalah kopi. Kopi dalam pengertian bagaimana dari hulu hingga ke hilir usaha ini akan menghidupkan ekonomi di daerah ini.

Kopi sebagai khas produk unggulan dari beberapa kabupaten di Sumatera Utara menjadi produk unggulan primadona usaha kecil yang dikelola oleh kelompok, individu dan usaha-usaha kecil.

Beberapa pelaku usaha mikro menengah terkait kopi sudah mulai berkembang. Kopi  bukan hanya sekedar keuntungan.  Kopi merupakan dasar kehidupan. Bahkan Dewi Lestari seorang penulis menuliskan tentang filosofi kopi. "kesuksesan adalah wujud kesempurnaan hidup!Kopi yang apabila diminum akan membuat kita menahan napas saking takjubnya, dan cuma bisa berkata: hidup ini sempurna.  Sebagai pengganti Ben memberikan kartu filosofi kopi . Kartu itu bertuliskan Kopi Yang Anda Minum Hari Ini Ben's Perfecto Artinya Sukses Adalah Wujud Kesempurnaan Hidup.Demikian pula dengan hari-hari selanjutnya. Sumber https://www.kompasiana.com/benydarmawan/5632e85bd17e611605b8e3a3/resensi-filosofi-kopi"

Bagi banyak masyarakat Sumatera Utara, kopi adalah sendi hidup. Memberi  kehidupan di ladang mereka. Bagi beberapa orang yang mengelola warung kopi, coffee shop, kafe. Kopi memberi warna bagi kehidupan industri kecil di Sumatera. Memberi aroma harumnya untuk orang-orang yang bekerja untuk innovasi usaha kecil.

Usaha kecil ini belum dilirik padahal jika 10% saja masyarakat Indonesia meminum kopi maka akan tumbuhlah industri UMKM ini.

Foto dengan Guseppe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x