Mohon tunggu...
Silvester Detianus Gea
Silvester Detianus Gea Mohon Tunggu... "Menulis untuk mengingat, merawat, dan mengabadikan." [Silvester D. Gea]
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (YAKOMINDO, 2017), Menulis buku berjudul "Mengenal Budaya dan Kearifan Lokal Suku Nias" (YAKOMINDO, 2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Keunikan Bahasa Nias

17 Mei 2019   17:54 Diperbarui: 17 Mei 2019   19:11 0 5 0 Mohon Tunggu...
Keunikan Bahasa Nias
(Foto/dok pribadi)

Bahasa

Bahasa Nias (Li Niha) merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Kepulauan Nias. Asal- usul bahasa Nias hingga sekarang belum ditemukan. Meskipun demikian, ada dugaan bahwa bahasa Nias berasal dari Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Dugaan tersebut ditemukan dari sisi abjad bahasa Nias, di mana tidak terdapat konsonan pada akhir kalimat seperti bahasa ketiga negara.

Bahasa Nias memiliki keunikan karena semua kata atau kalimat selalu berakhir dengan huruf vokal. Bahasa Nias mengenal enam huruf vokal, yakni a, e, i, u, o dan . Huruf dibaca "e" seperti pada penyebutan empat, enam, delapan, dan sepuluh. Selain itu bahasa Nias memiliki tiga dialek, yaitu dialek Utara, Tengah dan Selatan. Dialek Utara digunakan oleh penduduk Nias bagian Utara, Timur, dan Kota Gunungsitoli. Dialek Tengah digunakan oleh sebagian penduduk Nias Barat dan dialek Selatan digunakan oleh penduduk Nias Selatan dan Kepulauan Batu. 

Abjad Bahasa Nias

Abjad dalam bahasa Nias berbeda dengan abjad dalam bahasa Indonesia. Ada beberapa abjad dalam bahasa Nias tidak ditemukan dalam abjad bahasa Indonesia. Berikut adalah abjad bahasa Nias.

Pertama, abjad: Aa, Bb, Dd, Ee, Ff, Gg, Hh, Ii, Jj, Kk, Ll, Mm, Nn, Oo, , Pp, Rr, Ss, Tt, Uu, Ww, , Yy, Zz. Kedua, huruf vokal: a, e, i, o, , u. Ketiga, huruf konsonan: b, d, f, g, h, k, l, m, n, p, r, s, t, w, , y, z.  Keempat, huruf yang hanya terdapat dalam bahasa Nias: , . Kelima, huruf yang jarang dipakai: c, q, v, x.

Contoh Penulisan

Ada beberapa aturan penulisan yang perlu diperhatikan, antara lain huruf double biasanya menggunakan tanda petik satu (') misalnya Ga'a. Berikut beberapa kata yang menggunakan tanda petik satu, antara lain:

  • Ya'o artinya aku atau saya
  • Ya`ugo artinya anda atau kamu
  • Ya'ami artinya kalian
  • Ya'aga artinya kami
  • Ya'ita artinya kita
  • Ya'ira artinya mereka