Mohon tunggu...
Sigit R
Sigit R Mohon Tunggu... masjid lurus, belok kiri gang kedua

Pedagang tanaman hias, menulis di waktu senggang, prefer dari teh daripada kopi, tinggal di Batam

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Insani dan Cita-cita Kemajuan Sektor Maritim Kepri

4 Desember 2020   16:08 Diperbarui: 4 Desember 2020   16:29 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Insani dan Cita-cita Kemajuan Sektor Maritim Kepri
Dok. Insani, kepri 2020

Kepulauan Riau merupakan wilayah yang sebagian besar merupakan lautan. Kepri punya ribuan pulau besar dan kecil. Luas wilayahnya 8.201,72 km di mana 96 persen di antaranya adalah lautan.

Melihat geografis wilayah yang seperti itu, wajar saja jika Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kepri Isdianto-Suryani (INSANI) ingin menjadikan Kepri unggul di bidang maritim. Dalam visinya, INSANI ingin mewujudkan Kepri sebagai bunda tanah melayu yang maju, gemilang, religius, dan unggul di bidang maritim.

INSANI menggagas untuk memperbanyak sekolah maritim dan kelautan. Hal itu disambut baik masyarakat Kepri. Misalnya saat Isidianto bersilaturahmi dengan warga Sei Enam, Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu.

Seorang warga, Salehudin mengaku kagum dengan ide INSANI mengeni sekolah maritim. Menurutnya, sekolah maritim akan sangat dibutuhkan guna membangun Kepri ke depan. Dalam misinya, INSANI akan mewujudkan pendidikan berbasis maritim sebagai salah satu jaminan sumber daya manusia yang unggul dan andal dan pengembangan program unggulan kawasan pedesaan (cluster ekonomi) untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan petani.

Pendidikan maritim sangat penting bagi Kepri. Tak hanya soal bagaimana memanfaatkan potensi laut, namun juga mengembangkan, dan menjaga kelestariannya.

Lautan Kepri punya banyak sekali potensi. Bukan hanya soal perikanan, namun juga potensi lain yang ada di dalam maupun di luarnya. Misalnya pertambangan hingga pariwisata.

INSANI adalah sosok yang tepat dalam memimpin Kepri. Keduanya adalah gabungan dari birokrat dan politisi. Isdianto adalah seorang birokrat yang kenyang makan asam garam pemerintahan sebelum akhirnya jadi Gubernur Kepri seperti sekarang ini.

Kepiawaian seorang birokrat sangat dibutuhkan untuk menata pemerintahan. Isdianto paham betul bagaimana birokrasi di Kepri. Ia juga sangat menguasai masalah di Kepri. Oleh karena itu, Isdianto ingin membawa Kepri melesat ke depan, salah satunya melalui sektor maritim.

Apa yang digaungkan INSANI di sektor maritim tidak sebatas hanya wacana semata. Maritim masuk dalam visi misi INSANI. Visi misi itulah nantinya yang akan jadi pedoman dalam menjalankan program kerja pemerintahan INSANI saat memimpin Kepri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x