Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Jangan Ratapi Kegagalanmu ketika Belum Dapat Promosi Jabatan

8 November 2022   18:55 Diperbarui: 9 November 2022   09:40 819
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar Karyawan Meratapi kegagalan ketika belum dapat promosi jabatan | Dokumentasi Foto via Freepik.com

Kamu berkali-kali belum dapat promosi jabatan di kantor, bahkan kamu sudah banyak keduluan rekan kerjamu yang lainnya, dan bahkan lagi justru ada juniormu yang mendahuluimu dapat promosi jabatan?

Lantas karenanya, apakah kamu justru meratapinya, lebih sering komplainnya sehingga membuat kamu jadi iri dengki karena kamu merasa bahwa kamulah yang seharusnya lebih pantas dapat promosi jabatan?

Terus, karena kamu kecewa dengan keputusan dari pihak manajemen tersebut, kamu malah sengaja mendemotivasi diri dan jadi males-malesan kerja.

Waduh, kalau kamu justru berperilaku begitu maka enggak salah sebenarnya kalau pihak kantor atau manajemen kantor justru lebih memilih rekan kerjamu termasuk juniormu untuk dipromosikan bukannya malah kamu, manajemen sudah tepat lebih memilih rekan kerjamu yang dipromosikan.

Semestinya yang kamu lakukan adalah, terus memacu diri, memotivasi diri, dan mengevaluasi diri, kenapa kok bukannya kamu yang dipromosikan, ada apa dengan dirimu sebenarnya, inilah yang seharusnya jadi bahan koreksi sebagai pembelajaran kamu.

Ilustrasi Gambar Karyawan sedang bekerja di kantor | Dokumen Foto Via Freepik.com
Ilustrasi Gambar Karyawan sedang bekerja di kantor | Dokumen Foto Via Freepik.com

Tentunya manajemen kantor punya dasar alasan yang kuat, kenapa justru rekan kerja kamu termasuk juniormu yang promosi jabatan bukannya kamu yang dapat promosi jabatan.

Yang jelas, basic rule dalam mempertanggungjawabkan pekerjaan sesuai jobdesc itu sebenarnya sangat sederhana, "kalau kamu enggak bisa menjadi bagian dari solusi di kantor, maka setidaknya pastikan dirimu bukanlah bagian dari masalah". Sederhana bukan.

Nah, dalam hal ini, sudahkah kamu pada posisi sebagai solusi?

Atau kamu malah lebih banyak jadi beban dan masalah di kantor serta seringnya justru dapat punisment bukannya reward?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun