Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

3 Tips yang Bisa Diterapkan dalam Mengelola Team Work

9 Agustus 2020   15:32 Diperbarui: 21 Agustus 2020   00:54 900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar suasana team work di kantor | Dokumen foto via Skmtraining.co.id

Di kantor, sesuai struktur organisasinya dan juga sistem manajemennya, tentunya akan ada bagian-bagian ataupun bidang-bidang organiasi sesuai pembagian tugas pokoknya masing-masing.

Yang artinya disini, setiap bagian ataupun bidang pekerjaan tersebut, maka seluruh personel staf ataupun karyawan yang terlibat di dalamnya sesuai job desk nya masing-masing tersebut adalah merupakan satu tim (Team Work).

Oleh karenanya agar kinerja suatu kantor dapat optimal dan maksimal, maka setiap team work ini mestilah kompak, padu dan solid, sehingga apa yang secara keseluruhan menjadi visi dan misi suatu kantor dapat tercapai.

Seringkali terjadi, dalam suatu kantor, ada team work yang tidak terorganisasi, terkelola dan terkendali secara optimal, kondisi team work tidak kompak dan tidak padu, tidak terbangun soliditas yang  kuat dan baik di antara personal yang terlibat di dalamnya, sehingga secara umumnya kondisi ini akan dapat berdampak buruk kepada kinerja kantor.

Ya, dalam hal ini, memang harus perlu disadari bersama, bahwasanya bila satu bagian atau bidang tidak terkelola dengan baik, maka dipastikan memang ada yang tidak beres dalam team work tersebut.

Ada yang tidak beres berkaitan dengan bagaimana sistem yang berjalan didalamnya, ada yang tidak terorganisasi dan terkendali dengan baik ataupun sampai akhirnya kinerjanya buruk.

Bila hal tersebut diatas terus terjadi, maka secara perlahan demi perlahan akan berdampak simultan pada team work yang lainnya.

Perlahan secara bersamaan akan ada team work lainnya yang akan berlaku ikut-ikutan juga, bersamaan itu juga kedepannya akan dapat berpengaruh buruk juga kepada bagian ataupun bidang yang lainnya.

Dan pastinya hal ini juga akan sangat berpengaruh buruk dan akan berimbas pada kinerja suatu kantor secara keseluruhan.

Sebab apa, ini karena seluruh organisasi yang terdiri dari bagian ataupun bidang yang ada di kantor adalah saling memiliki keterkaitan dan keterikatan antara satu sama yang lainnya, yaitu saling support, saling koordinasi dan saling kerjasama.

Sehingga dalam hal ini, suatu kantor, pasti akan sangat memerlukan team work yang kompak, padu, dan solid, team work yang selalu selaras, seirama dan seiring sejalan dengan visi dan misi suatu kantor.

Nah, oleh karenanya, berkaitan dengan soal team work ini, maka penulis ingin membagikan beberapa tips, bagaimana kiranya mengelola kinerja suatu team work agar selalu bisa kompak, padu, maupun solid, dan semoga apa yang penulis bagikan ini, bisa menjadi manfaat bersama.

Lalu bagaimana sih tips mengelola kinerja team work agar selalu bisa kompak, padu dan solid tersebut ?

Nah, sebelum melangkah lebih jauh, maka penulis perlu memberi sedikit penjabaran mengenai team work ini.

Karena yang jelas, dalam satu team work, pasti akan ada seorang leader yang diberi amanah untuk memimpin tim.

Maka artinya disini, tanggung jawab agar bagaimana sebuah team work di suatu kantor dapat kompak, padu dan solid ini, adalah diemban oleh para leader dari masing-masing team work.

Sehingga disinilah juga yang perlu jadi catatan penting bagi para leader team work, kalau dalam suatu kantor, ada team work yang tidak terkelola dengan baik.

Karena secara pastinya, bila ada team work yang tidak terkelola dengan baik ini, maka para leader lah yang akan jadi sorotan, baik itu secara personal ataupun secara tim.

Oleh karenanya, beberapa tips ini bisa diterapkan oleh para leader dalam rangka mengelola team work.

1. Memastikan apa yang menjadi visi dan misi team work.

Leader harus memastikan dan menentukan dahulu, apa yang menjadi visi dan misi tim, dan harus jelas kemana arah dan tujuannya.

Karena kedepannya dari visi dan misi inilah nantinya yang akan berkaitan dengan program kerja dan kebijakan dalam team work.

Di samping itu, leader juga harus tegas dan berani dalam mengambil sikap, termasuk juga mampu mengendalikan dan memberdayakan para staf ataupun karyawan bawahan dalam rangka mencapai tujuan team work.

Selalu menjadi pemberi semangat dan inspirasi serta menjadi pengayom, agar para staf yang terlibat dalam team work bisa mencurahkan segala kemampuannya secara optimal.

Selain itu, berkaitan dengan visi dan misi team work ini harus dipastikan juga, agar selalu bisa bergandengan tangan ataupun berjalan beriringan dengan visi dan misi kantor.

Perlu jadi catatan juga, karena yang kerap kali terjadi adalah akibat visi dan misi dalam team work ini gagal bergandengan tangan dan berjalan beriringan dengan visi misi kantor.

Pada akhirnya, inilah juga yang dapat membuat program kerja suatu team work hancur berantakan, karena tidak terselenggara dan terselaraskan dengan baik.

Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh leader jadi salah, bahkan yang lebih fatal lagi adalah leader salah dalam mengambil keputusan.

Oleh karenanya, bagi para leader, maka memastikan visi dan misi team work sebelum menelurkan program kerja dan kebijakan ini, amatlah penting.

2. Selalu konsisten terhadap sasaran dan target utama sesuai program kerja utama team work.

Tentu saja dalam setiap bagian atau bidang akan memiliki program kerja utama sesuai tugas pokoknya masing-masing.

Sehingga bila berkaitan dengan program kerja utama tersebut, maka para leader harus bisa menentukan apa yang menjadi sasaran dan target utama yang ingin dicapai oleh team work.

Tentu boleh juga berinovasi seiring dalam perjalanannya bila kedepannya team work menemukan formulasi ide dan gagasan baru sebagai program kerja baru.

Namun demikian jangan juga sampai terlupa, team work haruslah tetap konsisten dengan apa yang menjadi program kerja utama.

Program kerja utama harus tetap menjadi skala prioritas dalam rangka mencapai sasaran dan target yang diinginkan.

3. Selalu akuntabel dan terukur dalam mengeksekusi program kerja dan kebijakan team work.

Program kerja dan kebijakan yang dijalankan harus akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik secara aturan kantor dan aturan hukum secara umumnya.

Karena tidak menutup kemungkinan, suatu program kerja dan kebijakan akan bersinggungan dengan aturan hukum yang diberlakukan oleh pemerintah dan negara.

Sehingga akuntabel ini menjadi wajib dalam setiap program kerja team work, termasuk juga kebijakan yang dibuat oleh leader, agar tidak bertentangan dengan kedua hal tersebut.

Program kerja dan kebijakan yang dijalankan harus bisa terukur, baik itu dari perencanaannya, pelaksanaannya, pelaporannya faktor risikonya, daya serap anggarannya dan sebagainya, harus terukur dan tepat pada sasaran.

Apa yang menjadi input dan outputnya harus jelas dan terukur, sehingga tidak lepas dari visi dan misi, sasaran dan target yang ingin dicapai sesuai program kerja dan kebijakan.
-----

Nah, inilah kiranya beberapa tips yang bisa diterapkan, tentang bagaimana mengelola kinerja team work di suatu kantor.

Yang jelas, kunci keberhasilan utamanya adalah terletak pada sosok leader nya, terkait bagaimana bisa mengelola kinerja team work nya dengan baik.

Demikianlah artikel ini penulis tuangkan, semoga kiranya dapat bermanfaat.

Salam hangat.
Sigit Eka Pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun