Mohon tunggu...
Sifa Sanjurio
Sifa Sanjurio Mohon Tunggu... Dosen - Traveler

Perempuan asli Cianjur Jawa Barat Indonesia yang bercita cita ingin membahagiakan Ummi tercinta. Pernah kuliah di UIN Ciputat, UI salemba dan Tehran University. Open Minded, Cinta NKRI. Farsi in advance. sifasanjurio@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Wisata Jembatan 'ajaib' di Seluruh Dunia, Siapa Takut..

21 Agustus 2014   16:09 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:58 872
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama kali saya tertarik dengan Jembatan, adalah ketika saya mengunjungi Kompasianer Mba Gita di Magdeburg Jerman. Awalnya saya tidak tahu bahwa disana terdapat Jembatan Air yang terkenal, Sungai diatas Sungai. Atau dalam bahasa Inggrisnya Aqueduct, atau bisa juga disebut dengan Navigable aqueduct (Navigasi Saluran Air) atau Water Bridge yaitu jembatan yang membawa kanal perairan yang bisa melintas diatas sungai lain, dengan proses turun naik jembatan untuk disamakan dengan sungai yang datarannya lebih rendah. Kira kira seperti itulah gambaran umumnya. Saya sebenarnya bukan ahli juga untuk menjelaskan secara ilmiah proses jembatan air ini dibuat. Tetapi yang membuat saya sekarang takjub adalah saya baru saja mengetahui ternyata jembatan ‘ajaib’ ini selain di Magdeburg juga terdapat di kota lain di Jerman. Bahkan ada di beberapa negara yang umurnya mencapai ribuan tahun. Termasuk di Indonesia, Jembatan Air peninggalan Belanda itu masih ada sampai sekarang, walau airnya berwarna coklat, tidak seperti air air di Eropa sana.

Selain Jembatan Air yang berjumlah 12 Jembatan. Saya juga menemukan 6 Jembatan di dunia yang indah, eksotik dan menegangkan, yang patut kita kunjungi. Saya kutip dari berbagai sumber di Internet, semoga bermanfaat dan bisa menjadi tujuan wisata kita selanjutnya.

1. Jembatan Air Briare di Perancis

Saluran kanal Lateral à la Loire di atas Sungai Loire pada perjalanannya menuju Sungai Seine. Saluran air ini menggantikan sungai-penyeberangan dari kanal untuk memenuhi Kanal Briare yang berbahaya pada saat banjir. Sejak tahun 1896 sampai 2003 merupakan navigasi saluran air terpanjang di Dunia sampai dengan pembukaan Magdeburg Water Bridge.

[caption id="attachment_320226" align="aligncenter" width="240" caption="1. Jembatan Air Briare di Perancis"][/caption]

2. Jembatan Air Magdeburg, di Jerman

Nama aslinya jembatan ini susah sekali membaca dan mengucapkannya, Wasserstraßenkreuz Magdeburg, Kita kemarin menyebutnya dengan sungai asli dan sungai palsu, dimana sungai palsu membantu menghubungkan Kanal Elbe-Havel ke kanal Mittelland dan memungkinkan kapal untuk menyeberang di atas Sungai Elbe setinggi 918 meter (690 m di atas tanah dan 228 m di atas permukaan air) dengan kedalaman 4,25 m dan lebar mangkuk 34 m mempunyai 106 m maksimum span serta menggunakan sekitar 68 000 m3 beton dan 24 000 ton baja. Oleh karena itu Magdeburg sekarang merupakan saluran air terpanjang sedunia yang gagasan awalnya sudah dari tahun 1919, dan rancang bangunnya sudah mulai pada tahun 1938. Pembangunannya terhenti karena perang dunia kedua, baru dilanjutkan lagi pembangunannya pada tahun 1997 dan selesai pembangunannya pada tahun 2003. Jembatan Magdeburg dibangun dengan berdasarkan konsep buoyancy, sebuah hukum fisika yang memungkinkan jembatan tetap menerima tekanan yang sama meskipun perahu motor atau kapal yang melintas di jembatan air memiliki berat/muatan yang berbeda.

Sebelum jembatan ini ada, Kapal dari Kanal Elbe-Havel menuju kanal Mittelland harus menempuh jalan memutar sepanjang 12 kilometer, turun dari Terusan Mittelland melalui lift air raksasa Rothensee untuk mengangkat perahu menuju Elbe, kemudian berlayar melawan arus. Jembatan air Magdeburg ini pun sebagai tanda persatuan Jerman, yang dulu memisahkan Eks Jerman Barat dan Eks Jerman Timur.

[caption id="attachment_320221" align="aligncenter" width="300" caption="2. Jembatan Air Magdeburg Jerman"]

14085791751696633671
14085791751696633671
[/caption]

3.Jembatan Air The Minden, di Jerman

(Jerman : Wasserstraßenkreuz Minden ) adalah sebuah saluran air dekat daerah Minden, Rhine Utara - Westphalia, Jerman . Ini sebenarnya terdiri dari dua buah jembatan air paralel, yang menghubungkan Kanal Mittelland di atas Sungai Weser. Jembatan Air The Minden ini adalah saluran air terbesar kedua di Eropa setelah Magdeburg Water Bridge. Jembatan air paralel yang pertama yaitu jembatan kanal pertama yang dibangun diatas Sungai Weser pada tahun 1914 dengan konstruksi beton yang panjangnya 370 meter. Pada akhir Perang Dunia II jembatan ini dihancurkan oleh Wehrmacht. Dan pada tahun 1949, jembatan direnovasi dan dibuka lagi.
Jembatan air paralel kedua dibangun pada tahun 1993, terbuat dari baja dan dibuka pada tahun 1998.

[caption id="attachment_320229" align="aligncenter" width="300" caption="3. Jembatan Air The Minden, di Jerman"]

140858048592423424
140858048592423424
[/caption]

4. Jembatan Air Edstone, di Inggris

Edstone adalah saluran air terpanjang di Inggris. Melintasi jalan kecil, Birmingham dan kereta api North Warwickshire juga trackbed bekas Jalan kereta api Alcester. Dengan panjang 4 mil (6 km) dari kanal Stratford-upon-Avon di Warwickshire. Pada 475 kaki (145 m).

[caption id="attachment_320230" align="aligncenter" width="300" caption="4. Jembatan Air Edstone di Inggris"]

14085807121150146675
14085807121150146675
[/caption]

5. Jembatan Air Pontcysyllte, di Wales Inggris

Terletak di Wrexham County Borough, Inggris, dibangun antara 1795 dan 1805 di atas lembah Sungai Dee untuk menghubungkan tambang batubara dari Denbighshire ke sistem saluran nasional melalui Kanal Ellesmere selama Revolusi Industri. Jembatan Air Pontcysyllte adalah salah satu prestasi terbesar di dunia saat itu. Selama lebih dari 200 tahun, Pontcysyllte adalah saluran air yang terpanjang dan tertinggi di Inggris, dan saat ini menjadi Situs Warisan Dunia. Memiliki panjang 307 meter, lebar 3,4 meter dan kedalamam 1,60 meter, serta merupakan bagian dari 18 kilometer panjang sistem saluran air. Terdiri dari palung besi cor 38 meter di atas sungai didukung rusuk besi melengkung yang tersambung pada sembilan belas tiang batu berongga. Kita juga bisa menikmati pemandangan kaki gunung Welsh dengan menaiki perahu kecil di atas jemabatan air tersebut.

[caption id="attachment_320231" align="aligncenter" width="300" caption="5. Jembatan Air Pontcysyllte, di Wales Inggris."]

14085808721522372883
14085808721522372883
[/caption]

6. Jembatan Air Barton Swing, di Manchester Inggris.

Jembatan air ini menghubungkan Kanal Bridgewater dan menyeberangi Kanal Manchester Ship di Manchester, Inggris. Panjangnya hanya 100 meter dengan lebar sekitar 9 meter. Mata kita akan ‘terkesima’ dan ‘terpukau’ ketika melihat sebuah kapal yang cukup besar melintas di bawahnya. "Krek!" Jembatan akan bergerak dan berputar untuk memberikan jalan kepada kapal yang akan lewat di bawahnya. Ya, jembatan ini ternyata bisa diputar hingga sudut 90 derajat. Mungkin itulah alasan kenapa jembatan air ini dinamakan Barton Swing Aqueduct. Dan air yang ada di atas jembatan tidak akan tumpah. Jembatan ini mampu mempertahankan air sekitar 800 ton selama memutar. Perancangnya adalah Sir Edward Leader Williams dan dibangun oleh Andrew Handyside. Sejak tahun 1894, jembatan air ini sudah dibuka untuk lalu lintas air di atasnya.

[caption id="attachment_320233" align="aligncenter" width="300" caption="6. Jembatan Air Barton Swing, di Manchester Inggris."]

140858116957785884
140858116957785884
[/caption]

7.Jembatan Air Stanley Ferry, di Inggris

Dibangun antara 1836 dan 1839 di West Yorkshire, Inggris. Ini adalah salah satu jembatan lengkung yang pertama di dunia dan dianggap rentang saluran air terpanjang yang terdapat di dalam besi cor. Dirancang oleh George Kulit Sr dan dibangun oleh H. McIntosh , dan masih digunakan sampai sekarang , meskipun tambahan saluran air beton yang lebih luas dibangun bersama dan jembatan kemudian direnovasi pada tahun 1981. Stanley Ferry juga merupakan tempat mengangkut batubara menggunakan perahu dari collieries antara 1863 dan 1985 dan diangkut ke Goole di kereta panjang melalui kanal. Selain itu, jembatan ini juga merupakan salah satu dari tiga tempat penyeberangan bersejarah yang menyeberangi Sungai Calder dekat Wakefield. Karena air itu diperdalam untuk memudahkan lalu lintas feri, tetapi digantikan oleh jembatan pertama pada tahun 1879

[caption id="attachment_320235" align="aligncenter" width="300" caption="7. Jembatan Air Stanley Ferry, di Inggris"]

1408581393994861705
1408581393994861705
[/caption]

8. Jembatan Air Ringvaart Haarlemmermeer, di Belanda

Dikenal secara penuh sebagai Ringvaart of the Polder Haarlemmermeer, adalah sebuah kanal di daerah utara Belanda. The Ringvaart (artinya dalam bahasa belanda "kanal cincin") adalah sebuah kanal melingkar mengelilingi polder Haarlemmermeer dan membentuk batas kota Haarlemmermeer. Ringvaart juga merupakan nama dari tanggul yang berbatasan dengan kanal.

Ringvaart digunakan untuk lalu lintas kapal komersial dan rekreasi. Sebagian dari itu merupakan bagian dari rute pelayaran dari Hollands Diep ke IJsselmeer, lumayan untuk kapal dengan tiang-tiang lebih dari 6 meter (20 kaki). Dibangun pada tahun 1961, sehingga menjadi saluran air tertua di Belanda. Pada tahun 2006, konstruksi selesai dari dua bagian baru. Saluran air baru panjangnya 1,8 kilometer (1,1 mil)

[caption id="attachment_320241" align="aligncenter" width="263" caption="8. Jembatan Air Ringvaart Haarlemmermeer, di Belanda"]

1408582224994065150
1408582224994065150
[/caption]

9. Jembatan Air Veluwemeer, di Belanda

Adalah saluran air di jalan N302, dekat kota kecil Harderwijk di Belanda Timur. Kota ini terletak di bawah bagian kecil dari danau Veluwemeer dan pada saat yang sama menghubungkan daratan Belanda ke Flevoland. Veluwemeer memiliki panjang sekitar 25 meter (80 kaki) dan di bawahnya setiap hari melewati sekitar 28.000 kendaraan. Saluran air dibuka untuk lalu lintas pada tahun 2002.

[caption id="attachment_320239" align="aligncenter" width="300" caption="9. Jembatan Air Veluwemeer, di Belanda"]

1408581990515210837
1408581990515210837
[/caption]

10. Jembatan Air Pont du Sart, di Belgia

Adalah saluran air dinavigasi yang mengusung Centrumkanaal (saluran di Belgia barat) selama persimpangan antara N55 dan jalan N535 dekat kota Houdeng-Goegnies. Bangunan beton ini memiliki panjang 498 meter (1.600 kaki) dan lebar 46 meter (150 kaki). Jembatan Air Pont du Sart berbobot 65.000 ton dan didukung oleh 28 kolom beton, dengan diameter tiga meter (10 kaki)

[caption id="attachment_320246" align="aligncenter" width="300" caption="10. Jembatan Air Pont du Sart, di Belgia"]

1408582429727248068
1408582429727248068
[/caption]

11. Jembatan Air Banpo, di Seoul Korea Selatan

Adalah jembatan utama di pusat kota Seoul di atas Sungai Han, Korea Selatan, yang menghubungkan Kota Seocho dan Yongsan. Jembatan ini di atas Jamsu Bridge yang membentuk dek ganda di bagian atas jembatan. Ini merupakan jembatan dek ganda pertama yang dibangun di Korea Selatan, sekaligus sebagai jembatan air mancur terpanjang di dunia yang ditetapkan oleh Guinness World Record. Uniknya, jembatan Jamsu pun masih berfungsi sebagai mana mestinya.

Selain itu, jembatan ini sengaja dirancang untuk tenggelam selama musim hujan yang tinggi, seperti dek bawah yang terletak dekat dengan permukaan air. Jembatan ini dibangun sebagai jembatan gelagar dan selesai pada tahun 1982. Kemudian pada tanggal 9 September 2008, Jembatan ini menjalani operasi facelift besar-besaran dengan memasang sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit dengan menggunakan air sungai yang ada di bawahnya. Sejak tahun 2009, jembatan ini mulai beralih menjadi sebuah objek wisata menarik.

[caption id="attachment_320222" align="aligncenter" width="300" caption="11. Jembatan Air Banpo di Korea Selatan"]

1408579301651230819
1408579301651230819
[/caption]

12. Jembatan Air Talang, di Brebes Indonesia.

Di Janegara, Brebes, terdapat bangunan yang disebut Talang yang merupakan dam peninggalan Belanda. Disebut demikian karena dam tersebut melewati sungai Si Biyuk sehingga berbentuk menyilang (dam terletak di atas sedangkan sungai berada di bawah). Yang dalam bahasa Jawa disebut Talang yang berarti malang (menyilang). Sampai sekarang bengunan tersebut masih dilestarikan dan terawat sampai sekarang.

[caption id="attachment_320224" align="aligncenter" width="300" caption="Jembatan Air Talang, di Indonesia"]

14085797921954291433
14085797921954291433
[/caption]

14085799231028762201
14085799231028762201

Di beberapa kota di dunia, bahkan sengaja membangun jembatan dengan desain unik untuk menarik minat masyarakat menggunakan jembatan sekaligus elemen pemanis arsitektur kota. Dan tidak ada salahnya anda pun mengunjunginya, dan pasti anda akan berdecak kagum..

1. Jembatan Henderson Waves, di Singapura

Kalau ingin berkunjung kesini, disarankan malam hari, agar bisa menikmati suasana dan kemilau lampu-lampu kota Singapura. Jembatan setinggi 188 kaki dari permukaan tanah ini dibangun dengan menggunakan kayu balau yang tahan di segala jenis cuaca.

[caption id="attachment_320249" align="aligncenter" width="260" caption="1. Jembatan Henderson Waves, di Singapura"]

1408582861196464608
1408582861196464608
[/caption]

2. Jembatan Langit Langkawi di Langkawi, Malaysia

Jembatan untuk pejalan kaki ini dibangun untuk keperluan wisata, yaitu menikmati pemandangan Malaysia di ketinggian. Untuk mencapai jembatan ini kita akan naik kereta gantung yang dirancang khusus agar mampu mencapi jembatan yang terletak 2300 kaki dari permukaan tanah.

Jika beruntung Anda dapat mengabadikan Laut Andaman dan Pulau Tarutao disini.

[caption id="attachment_320250" align="aligncenter" width="300" caption="2. Jembatan Langit Langkawi di Langkawi, Malaysia"]

1408583046541201630
1408583046541201630
[/caption]

3. Jembatan Chengyang, di Liuzhou, Cina

Saat pertama melihatnya memang tak seperti jembatan pada umumnya, namun lebih mirip dengan deretan rumah dan pintu dengan jarak berdekatan. Jembatan yang terdiri dari kayu, batu dan tegel didirikan pada tahun 1916 untuk menghubungkan dua desa kecil di wilayah tersebut.

Keunikan struktur bangunan juga tampak pada penggunaan tiga jenis lantai dengan motif yang berbeda. Mereka yang melintasi jembatan ini juga dapat menikmati pemandangan cantik dari Sungai Linxi yang mengalir membelah hamparan pepohonan teh. Jembatan ini dibangun dan didesain oleh para ahli bangunan yang berasal dari Dong, sekaligus menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Cina berkat kepiawaian mereka dalam arsitektur

[caption id="attachment_320251" align="aligncenter" width="300" caption="3. Jembatan Chengyang, di Liuzhou, Cina"]

14085832211746203339
14085832211746203339
[/caption]

4. Jembatan Bosphorus, di Istanbul Turki

Jembatan Bosphorus mulai dibangun pada tahun 1973, dan merupakan jembatan terpanjang di dunia yang terletak di luar Amerika Serikat. Jembatan yang menghubungkan antara benua Eropa dan Asia. Salah satu event tahunan yang diadakan setiap tahun di jembatan ini adalah International Istanbul Eurasia Marathon yang dimulai di sisi benua Asia dan berakhir di sisi benua Eropa. Jembatan Bosphorus dikenal karena struktur aerodinamis dan merupakan jembatan yang didirikan di atas dua pilon baja besar.

[caption id="attachment_320252" align="aligncenter" width="300" caption="4. Jembatan Bosphorus, di Istanbul Turk"]

1408583428679036269
1408583428679036269
[/caption]

5. Jembatan Millau Viaduct: Millau-Creissels, Perancis

Terletak di Perancis Selatan. Jembatan dengan titik tertinggi 1125 kaki dari permukaan tanah dirancang oleh arsitek Norman Fraser dan insinyur bangunan Michael Virlogeux, yang memerlukan waktu sekitar 17 tahun untuk mendesain dan melaksanakan pembangunan jembatan ini. Kalau berkendara di atas jembatan Millau Viaduct di musim gugur, kamu akan merasakan sensasi seolah sedang melayang di angkasa karena ladang dan sungai tertutup kabut tebal.

[caption id="attachment_320253" align="alignleft" width="300" caption="5. Jembatan Millau Viaduct: Millau-Creissels, di Perancis"]

14085835911655453796
14085835911655453796
[/caption]

6.Jembatan Royal Gorge Bridge, Colorado

Jembatan ini berketinggian 1200 kaki dari permukaan tanah, yang menyajikan pemandangan menakjubkan yang dapat kamu nikmati dari berbagai sisi.

Jembatan Royal Gorge yang dibangun pada tahun 1929 pernah menerima penghargaan sebagai jembatan tertinggi di dunia tahun 2001, dan termasuk sebagai salah satu jembatan paling mengerikan dari TripAdvisor.

[caption id="attachment_320255" align="aligncenter" width="300" caption="6. Jembatan Royal Gorge Bridge, Colorado"]

1408583930485519563
1408583930485519563
[/caption]

Jadi, Kapan kita akan mulai berwisata jembatan di seluruh dunia? Atau ada lagi Jembatan yang belum saya sebutkan? Tolong ya share untuk melengkapi wisata jembatan kali ini.

Sumber :

danish56.blogspot.com

http://en.wikipedia.org/wiki/Magdeburg_Water_Bridge

Home » Unik » 7 Jembatan Air Yang Paling Menakjubkan Di Dunia Posted by Tatang Gunawan S Labels: Unik 07:29

http://www.aura-ilmu.com/2013/04/Jembatan-Air-Yang-Paling-Menakjubkan-Di-Dunia.html

http://lifestyle.liputan6.com/read/2056286/unik-dan-megahnya-jembatan-air-di-jerman

Read more at http://uniqpost.com/100295/magderburg-jembatan-air-di-jerman-sungai-di-atas-sungai/

http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Jembatan-Kanal-Magdeburg

http://travel.detik.com/read/2012/09/10/154104/2013754/1383/3/keren-perahu-naik-ke-jembatan-di-tiga-tempat-ini

http://www.kaskus.co.id/thread/53096518c3cb17a7528b475a/aqueduct-jembatan-berisi-air-yang-melintas-di-atas-air

http://www.palingwoow.com/2014/06/5-jembatan-air-spektakuler-di-dunia.html#axzz3Ay3KvEIY

http://www.pegipegi.com/travel/jembatan-jembatan-menakjubkan-dari-seluruh-dunia/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun