Mohon tunggu...
Shulhan Rumaru
Shulhan Rumaru Mohon Tunggu... Penikmat Aksara

Penikmat Aksara

Selanjutnya

Tutup

Muda

Serunya Konsolidasi Kepemudaan di Car Free Day Bandung

4 Oktober 2015   22:51 Diperbarui: 4 Oktober 2015   22:51 0 4 1 Mohon Tunggu...

 

Benar kata Walikota Bandung Kang Emil, kalau Bandung itu persis Singapura; tidak punya sumber daya alam dan sumber daya energi, tapi Bandung mah punya sumber daya manusia kreatif. Makanya, Bandung dikenal sebagai salah satu kota industri kreatif ternama di dalam dan luar negeri, seperti fashion, kuliner, dan desain.

Bukan cuma itu, Bandung juga memiliki segudang organisasi/komunitas masyarakat yang bergerak sukarela membangun kota ini. Nah, beberapa komunitas yang saya temui pagi tadi (4/10) pada saat Car Free Day (CFD) di daerah Dago, mulai dari Jl. Ir. H. Juanda yang Dago bawah persis di handapeun jalan layang Pasupati sampai Dago atas sekitar pertigaan Jl. Ir. H . Juanda dan Jl. Dayang Sumbi, yaitu Forum Jong Pemuda Indonesia, Komunitas Rumah Pandai Terang Indonesia, Komunitas 1000 Guru, dan Komunitas Dent’s Do.

*****

Sekitar jam 4.50 WIB selepas shubuh, saya, Bang Jo, Bang Rudi, dan Bang Yani, meluncur dari Jakarta, targetnya memang sampai Bandung sepagi mungkin. Syukurlah, saat tiba pukul 7.30 waktu Bandung, suasana CFD sekitar jembatan layang Pasupati sudah sangat ramai. Lebih semangat lagi, kami disambut goyang geboy duo biduan Rama FM dengan lagu “Aku Mah Apa Atuh” bertempo dangdut remix yang membetot kami ke dalam lautan manusia.

Segera kami mencari komunitas yang hari itu menggelar pra event Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II, juga yang bakal dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada 28 Oktober mendatang. Ternyata, tak jauh dari tempat kami berdiri, para relawan Forum Jong Indonesia Jawa Barat (Jong Java) tengah bersiap-siap long march dari Dago bawah menuju Dago atas. Didampingi tatabuhan perkusi tradisional adik-adik SMK Nasional Bandung, seketika banyak perhatian tertuju pada kami. Sepanjang jalan, orasi sumpah pemuda digaungkan ketua panitia pelaksana Jawa Barat, Azam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x