Mohon tunggu...
SH Tobing
SH Tobing Mohon Tunggu... Berbagi Untuk Semua | shtobing@gmail.com | www.hallothere.net

30 tahun memimpin dan mengelola lebih dari 10 bagian dan divisi membuat saya ingin berbagi pengalaman dan pemikiran serta terus membaca utnuk semakin memperkaya wawasan kita semua. Kompasiana menjadi tempat yang ideal untuk berbagi pengalaman dan ide selama saya diberi kesempatan berkarya di dunia | Have a nice day! | https://www.hallothere.net/kesehatan-dan-hobby-health/mengajar-itu-asyik/

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Bagaimana Proteksi Aset Anda? Belajar dari Ledakan Lebanon

13 Agustus 2020   19:17 Diperbarui: 13 Agustus 2020   19:21 25 3 0 Mohon Tunggu...

Hallo rekan-rekan semua, kali ini saya ingin menyoroti ledakan yang sangat besar terjadi di Lebanon baru-baru ini.

Ledakan yang terjadi akibat terbakarnya warehouse yang berisi 2.750 ton amonium nitrat (untuk pertanian menurut pemerintah Lebanon).

Sangat Banyak Kerusakan Aset dan Jiwa

Radius ledakan yang merusak mencapai lebih dari 5 km. Menghancurkan ribuan bangunan beserta isinya, berbagai kendaraan dan peralatan di sekitar, termasuk kapal laut yang sedang berada di pelabuhan.

Serta mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan ribuan lagi luka parah dan ringan.

Begitu juga beberapa hari lalu, terjadi kebakaran besar sebuah pasar di Uni Emirat Arab, dengan area kebakaran yang tidak bisa dibilang kecil, dan asap yang menyebar luas ke sekitar area mengikuti arah angin. 

Versi video atas tulisan ini: 


Budaya Sadar Risiko

Yang ingin saya sampaikan kepada para pembaca sekalian adalah, apakah sebelum kejadian ini rekan-rekan pernah berandai-andai akan terjadinya peristiwa sejenis? 

Dan, kalau iya, apakah rekan-rekan sudah memikirkan apa dampaknya apabila kita memiliki aset di sekitar area tersebut?

Pengalaman saya selama 30 tahun di industri asuransi dan manajemen risiko, sangat sedikit orang yang memiliki budaya sadar risiko. Sehingga mereka tidak pernah memikirkan alternatif, atau upaya apa yang dilakukan bila terjadi sesuatu yang merusak atau membahayakan diri kita.

Pelajaran BCP Pandemi Covid19

Ketika saya ingin melakukan Business Continuity Planning (BCP) Test di tahun 2016, saya mengumpulkan seluruh Divisi dan Department untuk refreshing BCP. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN