Mohon tunggu...
Sho An Lusiana
Sho An Lusiana Mohon Tunggu... lainnya -

Yang Paling Mudah itu Senyum

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

[ My Diary]Agen Pemeras Uang

13 April 2016   09:42 Diperbarui: 13 April 2016   10:51 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 [caption caption="Ilustrasi: fiksiana.kompasiana.com"]

 [/caption]Aku lupa Ry, waktu aku gak ngunjungin kamu. Karena aku repot dengan kerjaanku, ya sebenernya bisa sih nyoret nyoret kamu. Tapi, udah keburu tidur duluan heheee, ini kejadian waktu sekitar tahun 2009 - 2010 Ry. Aku di suruh agenku nganterin anak baru yang baru bekerja di Hongkong kurang lebih 1 – 2 bulan. Mau tau gak, aku di suruh nganter kemana? ke kantor polisi Hongkong, tapi bagian introgasinya. Di masukin di ruangan penuh debu, gelep mejanya sudah kayak di film Hollywood aja Ry, aku di sentak, suruh jawab pertanyaan. Padahal pertanyaan itu di tujukan buat temenku tadi yang baru masuk ke Hongkong. Karena ruangan itu pasti ada kameranya kan, aku juga sempet kesel , jengkel, dan bukannya aku takut tapi kesel beneran dengan temenku. Kok, mau aja di suruh ngelaporin majikannya ke Departemen tenaga kerja Hongkong. Padahal dia belum bisa bahasa apa pun, mau kantonis apalagi inggris.

Waktu aku tanya masalahnya, kenapa ?di jawabnya karena dia, di gaji underpayment. Kalo aku kan sudah 2 tahun keja bahasa aku sudah lumayan bisa, tapi temenku ini rupanya kena iming-iming dari agen kalo ngelaporin majikan ke Labour, ntar dapet ganti uang banyak dari majikan karena majikan ngegaji di bawah standar. Melas tapi udah kepalang tanggung lapor. Akhirnya, majikannya nunut balik, dan tau kalo ada orang yang nyuruh buat ngelaporin. Akhirnya, begitu aku tau masalahnya. Otomatis aku nyalahin temenku, habis, gak ngerti apa apa kok mau aja di suruh agen pemeras uang TKI. Rasanya pengen banget marah ke agen itu, gimana gak, Ry.

Nih, kalo kita lapor, terus berkas kita berhasil alias majikan mau ganti rugi gaji kita, kita harus bayar agen itu 30%, nah, selama nunggu berkas kita diteliti kan nunggu sampe 1 minggu, terus berlanjut, kalo pas ketemu muka dengan majikan , mau langsung bayar hari itu juga, perkara kita selesai , dapet duit kita. Terus kalo majikan masih mau sidang, nunggu lagi 1-2minggu, waktu segitun lama memang kita gak makan, kita lagi gak kerja siapa yang mau ngegaji kita. Kadang pengen marah alias pengen jadi pahlawan buat TKI yang baru yang di kibulin agen. Setelah di dalem ruangan introgasi, polisi nanya nih, Ry. “kamu, tau apa kasus kamu? Kapan kamu pulang ke Indonesia?” aku jawab aja. “kalo masalahnya sudah selesai.” Polisi malah marah Ry, hahahahaaa…

“Saya tanya lagi, kapan kamu ninggalin Hongkong.”kata polisinya. “Kalo pasportnya sudah keluar dan gak di tahan Imigrasi.”jawabku, tapi polisi marahnya malah gak karuan n mbentak meja.Jantungku mau copot Ry, beneran serem juga. Berasa kayak di film-film Ry. Akhirnya polisi nanya alamat agenku, agen sudah pesen sebelumnya, kalo gak boleh ngasih tau alamat agen ke polisi karena kalo agen itu gak ada ijin resmi, bisa di blacklist dan gak bisa lagi meres uang TKI, tapi agen itu punya dekengan orang dalem di Imigrasi dan agennya resmi pula.

Cuma aku kasian beneran dengan temenku itu, dia sudah ibu dan punya anak, niat kerja di Hongkong malah kena agen pemeres, hughhh…. Agen sialan itu Ry, jadi sebagai gak terimanya aku karena temenku diperalat. Aku kasih tau aja alamat agen itu. “Di mana agenmu, causeway bay, mongkok, apa di wanchai?”tanya polisi itu. “wanchai.” jawabku. Akhirnya setelah marah marah, aku anter polisi itu, ya macam FBI lah, aku dikawal empat orang polisi, tiga orang laki laki, satu orang perempuan. Temenku yang namanya Mbak Sumarti, ketakutan waktu aku kasih tau alamat agenku ke polisi, rumanya si mbak ini inget pesen agenku, “JANGAN NGASIH ALAMAT KE POLISI.”

Peduli amat sama agen, ntar kalo kasus labour berhasil dia makan juga uangnya 30% biaya mbantuin ngasusin majikan ke Labour, di tambah biaya kost di bourding house, sehari $ 30 kalo sebulan berapa coba Ry? bisa bisa sampe 70% masuk keagen. Apalagi kos-kosan itu punya agen. Tapi, itulah kenangan yang paling menarik bak di film mafia Hongkong hahhahaa… kayak film Jacki Chan,Police Story. Keren lah pokoknya Ry. Ntar ya Ry, sambung lagi… 13042016

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun