Mohon tunggu...
sherly amelya
sherly amelya Mohon Tunggu... Mahasiswa - i am human

Haiiii

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Kreativitas Anak Desa Panggungrejo Mahasiswa UMM Mengajak dalam Pembuatan Sabun Kertas

29 September 2022   23:58 Diperbarui: 29 September 2022   23:58 62 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di masa ini akhir pandemi memang sudah di depan mata. Namun begitu, belum benar - benar berakhir . Untuk itu protokol kesehatan tetap masih sangat dianjurkan. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam pengabdian masyarakat memiliki inisiatif untuk mengajarkan anak desa Panggungrejo, Kepanjen, Kab Malang untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun. Salah satu program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Universitas Muhammdiyah Malang , yaitu pembuatan sabun kertas untuk meningkatkan kreativitas anak - anak .

Sabun kertas merupakan barang unik dan unggul dibandingkan dengan produk pembersih tangan lainnya dikarenakan bobotnya yang ringan, bentuknya yang unik dan kecil serta fungsinya yang sama efektif dengan sabun biasa. Sabun kertas akan langsung lumat saat terkena air dan akan membuat tangan terasa lembut dan bersih setelah pengunaan.

Bahan dan alat utama pembuatan sabun kertas sangat mudah ditemukan. Bahan yang digunakan terdiri dari sabun cair, kertas roti, dan kuas. Proses pembuatannya cukup mudah dan cepat, hanya menyediakan alat dan bahan utama lalu letakkan kertas roti diatas alas kemudian sisakan bagian atas sekitas 5 cm untuk bagian yang tidak terkena sabun. Selajutnya tuangkan sabun cair diatas kertas broti dan ratakan menggunakan kuas atau tangan hingga semua bagian sisi kertas roti terkena sabun cair. Setelah itu dilakukan proses penjemuran hingga kering dan apabila sudah kering kertas bisa dipotong kecil lalu bisa digunakan. Anak - anak sangat antusias, seperti bermain dan belajar dalam pembuatan sabun kertas. Para anak desa Panggungrejo baru mengetahui adanya produk sabun kertas dan dapat dibuat sendiri.

Kami mahasiswa Universita Muhammadiyah Malang berterimakasih pada anak - anak yang sangat semangat untuk ikut serta dalam menjalankan program kerja pengabdian masyarakat program kerja pengabdian masyarakat oleh mahasiswa. Harapannya dari program pembuatan sabun kertas ini adalah menambah pengetahuan dan kreativitas anak - anak desa Panggungrejo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan