Mohon tunggu...
sherly amelya
sherly amelya Mohon Tunggu... Mahasiswa - i am human

Haiiii

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Strategi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa Panggungrejo oleh Mahasiswa PMM UMM

29 September 2022   22:00 Diperbarui: 29 September 2022   23:01 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Muhammadiyah Malang, dengan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilaksanakan oleh kelompok 52 gelombang 9 yang beranggotakan 5 orang. Kelompok ini dibawah bimbangan dosen pembimbing lapang bapak Drs. Amir Syarifuddin, MP.  Program Pengabdian Masyarakat ini bertempat di Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Dilihat dari wilayahnya desa ini termasuk strategis karena sektor industrinya yang pesat dan mobilitasnya yang mudah.

Dalam program ini PMM ini salah satu program kerja yang dilakukan yaitu pengembangan digital marketing bagi umkm.  UMKM atau Usaha Mikro Kecil menengah  merupakan usaha produktif yang dimilki oleh perorangan maupun badan usaha milik perorangan. hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan daya saing. 

Dalam melakukan program kerja ini mahasiswa PMM melakukan kunjungan ke rumah produksi KIZA sambal  yang diproduksi oleh ibu Sri Agus Kariani. KIZA sambal merupakan produk sambal yang  siap saji. Dalam proses produksinya masih menggunakan resep rahasia turun temurun yang diajarkan oleh ibunya. 

Oleh karena produk sambal yang diproduksinya memiliki cita rasa yang khas. Berdasarkan informasi yang kami peroleh bahwa produk UMKM yang diproduksi oleh Ibu Sri ini sudah memiliki surat perizinzan PIRT sehingga sudah memiliki jaminan kepada konsumen akan produk UMKM nya ini. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh ibu Sri ini yaitu ikut serta dalam acara-acara pemerintah seperti bazar. Oleh karena itu produk KIZA sambal sudah bisa didapatkan di galeri Kabupaten Malang.

Namun dalam hal ini Ibu Sri belum melakukan pemasaran secara online atau digital marketing sehingga dari kami kelompok 52 gelombang 9 ini melakukan sosialisasi mengenai digital marketing guna meningkatkan penjualan. Selain itu juga mendaftaran KIZA sambal di e-commerce Shopee agar produk tersebut dapat tersebar diseluruh konsumen di Indonwsia. 

Harapan dari kami dari program kerja ini agar dapat membantu UMKM dalam hal pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun