Mohon tunggu...
Shelly lau
Shelly lau Mohon Tunggu... Mahasiswa - shelly lau

Mahasiswa TSM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengapa Sistem Manajemen Itu Diperlukan?

12 Juni 2021   10:52 Diperbarui: 12 Juni 2021   18:51 136 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem manajemen kinerja meliputi suatu proses dalam perencanaan kinerja, pengolahan kinerja, lalu penilaian kinerja, dan yang terakhir pasti perlu yang namanya evaluasi kinerja. Penerapan sistem manajemen kinerja secara konseptual sendiri bisa menyebabkan yang namanya akumulasi terhadap perbaikan kinerja karyawan atau perusahaan, sehingfa produktifitas meningkat. Dalam hal ini akan dibahas beberapa konsep dalam performance management, yaitu:

  • Budaya manajemen kinerja
  • manajemen kinerja berkaitan dengan budaya kerja di perusahaan. Saat ini budaya perusahaan harus mampu mengadaptasi berbagai perubahan baik dalam bidang ekonomi, teknologi, pasar, dan juga yang pastinya persaingan. Dengan demikian diperlukan modifikasi dalam budaya perusahaan, termasuk bagaimana cara untuk menerapkan manajemen kinerja yang lebih kompetitif.
  • Evaluasi kinerja
  • evaluasi kinerja merupakan suatu metode untuk menentukan suatu kepentingan secara sistematis dari setiap pekerjaan yang berbeda. Evaluasi kinerja dapat dilakukan dengan berbagai banyak cara, baik secara formal maupun informal. Contohnya, ketika kita mempunyai 10 orang karyawan dengan kualifikasi dan skill yang berbeda-beda dan mereka pasti akan dibayar dengan upah yang berbeda sesuai dengan kinerja dan kompetensinya. Evaluasi kinerja merupakan suatu metode yang sistematis untuk mengukur berbagai macam pekerjaan sehingga membutuhkan waktu dan juga kesabaran.
  • Indikator kinerja
  • untuk membuat evaluasi secara lebih objektif terhadap prestasi kerja karyawan, maka hal yang menjadi patokan atau acuan adalah dengan adanya indikator kinerja. Indikator kinerja merupakan uraian ringkas yang menggambarkan tentang suatu kinerja yang akan diukur dalam pelaksanaan suatu program terhadap tujuannya. Jadi, dengan kata lain, indikator kinerja adalah suatu bahasan ringkas yang mendeskripsikan tentang suatu kinerja yang akan diukur dalam pelaksanaan suatu program terhadap tujuan yang sudah ditetapkan. Berikut adalah beberapa indikator kinerja antara lain : sesuatu yang dicapai, prestasi, dan skill / kemampuan kerja.
  • Sistem evaluasi kinerja
  • pada dasarnya sistem evaluasi kinerja, bertujuan untuk mendapatkan kinerja terbaik dari setiap karyawannya. Penerapan sistem evaluasi kinerja tentu sangat tergantung pada tipe organisasi dan dapat dimodifikasi dengan sedemikian rupa. sebagai deskripsi terhadap penilaian evaluasi kinerja untuk organisasi perusahaan akan berbeda dengan sistem di lembaga pendidikan.

Sekian dan terima kasih.

semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan