Mohon tunggu...
Safira PutriHuriya
Safira PutriHuriya Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ramadan Ceria, Perkuat Pertemanan Lewat Kompetisi Anak-anak di Desa Tulung

3 Juni 2019   20:25 Diperbarui: 3 Juni 2019   20:40 58 1 0 Mohon Tunggu...

Ramadan ceria menjadi salah satu rangkaian kegiatan KKN UM di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Dalam kegiatan ini diadakan berbagai lomba untuk anak-anak tingkat sekolah dasar. Mengangkat jargon Anak Sholeh Sholeha Juara tentunya menjadi semakin meriah. Kegiatan ini diikuti puluhan siswa dari SDN 2 Tulung dan SDN 3 Tulung. "Ya memang untuk kegiatan lomba sasaran kita hanya SDN 2 Tulung dan SDN 3 Tulung, dalam hal ini kami juga mempertimbangkan jarak dan lokasi pelaksanaan lomba," jelas Yusuf. Tak lupa KKN UM 2019 di Desa Tulung juga turut mengundang orang tua dan warga sekitar untuk memeriahkan acara dan mengunjungi bazar pakaian gratis yang sudah diadakan. Dalam hitungan jam pakaian yang disediakan oleh panitia ludes diborong oleh warga sekitar.

Ramadan ceria kali ini diadakan selama dua hari, pada Selasa 28 Mei 2019 dan puncak acara pada Kamis 30 Mei 2019. "Kegiatan hari pertama fokus pada lomba-lomba untuk anak-anak SD dengan berbagai kategori, sedangkan di puncak acara ada pengumuman pemenang lomba dan bazar pakaian gratis,"  jelas Yusuf selaku ketua KKN UM di Desa Tulung. Terdapat empat lomba yang disusun oleh panitia untuk anak-anak di Desa Tulung, yaitu lomba Adzan untuk semua kelas tingkat SD, lomba hafalan surat pendek dengan empat kategori sesuai dengan jenjang kelas dan kemampuan, lomba mewarnai untuk siswa kelas rendah dan lomba baca puisi religi untuk siswa kelas atas. "Ya, semua lomba yang kami adakan ini disesuaikan kemampuan siswa, alasannya karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda, terutama untuk  lomba hafalan surat pendek," tutur Yunanda selaku penanggungjawab kegiatan.

Sambutan yang postif juga diberikan oleh pihak sekolah dari SDN 2 Tulung dan SDN 3 Tulung. "Ya kalau KKN UM di Desa Tulung ini mau mengadakan lomba untuk adik-adik di sini silahkan, saya mewakili guru-guru di  SDN 3 Tulung sangat mendukung, kami bersedia menyediakan tempat apabila diperlukan," jelas Pak Qomari selaku Kepala Sekolah SDN 3 Tulung. Selain pihak sekolah antusiasme peserta juga sangat luar biasa, terbukti saat pelaksanaan lomba para peserta datang lebih awal dari jam yang sudah dijadwalkan oleh panitia. Tidak hanya memupuk mental anak-anak di Desa Tulung, tetapi kegiatan ini mampu menjadi sarana untuk mempererat jalinan pertemanan anak-anak dari SDN 2 maupun SDN 3 Tulung. "Senang sekali, Kaka da lomba seperti ini. Biasanya anak-anak dari SDN 2 dan SDN 3 Tulung ini saling mengejek kalau ketemu, tapi ini tidak," jelas seorang peserta.

Untuk menambah kemeriahan Ramadan Ceria, panitia KKN UM 2019 di Desa Tulung menyediakan berbagai hadiah untuk semua peserta. Dalam kegiatan ini semua peserta akan mendapatkan hadiah, tujuannnya adalah peserta yang belum menang tetap mendapatkan apresiasi karena sudah berani untuk tampil dan berkompetisi, sedangkan untuk pemenang mendapatkan hadiah tambahan berupa piala untuk setiap kategori juara. Selain itu panitia KKN UM 2019 di Desa Tulung juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memupuk jalinan persahabatan antara anak-anak dari berbagai sekolah dasar di Desa Tulung tanpa membedakan darimana mereka berasal.

Penulis: Tim Publikasi KKN UM 2019 Desa Tulung

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x