Mohon tunggu...
Finansial Pilihan

Tiga Tips Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak

13 Agustus 2019   09:25 Diperbarui: 13 Agustus 2019   09:26 0 1 1 Mohon Tunggu...
Tiga Tips Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak
Pendidikan Anak (Foto: Shutterstock)

Salah satu tugas dan tanggungjawab orangtua dalam membesarkan anak-anaknya adalah memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang layak karena pendidikan yang layak adalah hak setiap anak.

Karenanya, dana untuk pendidikan anak itu sesuatu yang sangat penting untuk dipersiapkan sedini mungkin. Orangtua yang kurang cermat dalam menyiapkan dana pendidikan berpotensi menghambat masa depan anak.

Menurut para pakar keuangan, mempersiapkan dana pendidikan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari dengan cermat melalui investasi karena dengan tabungan saja sebenarnya tidak cukup. Nilai uang di tabungan lambat-laun tergerus inflasi karena bunganya yang kecil dan potongan-potongan yang sifatnya administratif.

Tidak cukup dengan hanya menabung, orangtua perlu mengubah mindset saving ke invesment dengan memilih instrumen investasi yang tepat biar sesuai dengan target keuangan. Pilihan instrumen investasi penting karena bisa menaklukkan inflasi.

Berikut ini 3 (tiga) tips yang wajib diketahui orangtua untuk memenuhi biaya pendidikan anak dengan bijak:

- Lebih Cepat Memulai Tentu Lebih Baik
Biaya pendidikan untuk anak akan lebih baik jika dimulai sedini mungkin. Penyiapan dana pendidikan anak lebih dini membuat orangtua siap kapan pun saat membutuhkan dana untuk pendidikan. 

Sangat dianjurkan, dana pendidikan anak disiapkan setelah menikah dan paling lambat saat bersiap memiliki buah hati. Persiapan jauh ini penting untuk kepastian ketersediaan dana yang sifatnya tidak dadakan.

- Sesuaikan dengan Kemampuan
Karena gengsi, tidak sedikit orangtua yang tidak realistis dan tidak sadar dengan kemampuannya. Penting dipahami para orangtua untuk menyekolahkan anak-anaknya sesuai dengan kemampuan keuangan.

 Dengan kata lain, pendidikan mahal belum pasti cocok untuk semua anak. SO, jangan sampai karena gengsi, minat anak diabaikan.

- Taklukkan Inflasi
Cara menyiapkan dana pendidikan yang bijak yakni dengan berinvestasi pada instrumen-instrumen investasi yang bisa menaklukkan atau mengalahkan inflasi. Investasi paling mudah dan cocok untuk pemula adalah reksa dana. 

Menariknya, reksa dana saat ini sudah sangat gampang dinikmati secara online melalui supermarket reksa dana online semisal IPOTFUND.

 Investasi reksa dana menawarkan return (imbal hasil) yang bisa menaklukkan inflasi karena di atas inflasi. Secara konkret, return investasi reksa dana di atas bunga tabungan konvensional dan deposito.