Mohon tunggu...
Seto Wicaksono
Seto Wicaksono Mohon Tunggu... Human Resources - Recruiter

Menulis, katarsis. | Bisa disapa melalui akun Twitter dan Instagram @setowicaksono.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Anomali Saya sebagai Fans Liverpool, Sempat Mengidolakan Manchester United Era Sir Alex Ferguson

8 Juni 2020   14:45 Diperbarui: 8 Juni 2020   14:51 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi logo Liverpool FC dan Manchester United: en.as.com

Sebagai fans dari tim Merseyside merah, barangkali saya memiliki satu kesalahan yang, bisa jadi sulit untuk dimaafkan di kalangan suporter sendiri. Saya tidak bisa sepenuh hati membenci Manchester United, yang pada dasarnya adalah musuh bebuyutan Liverpool FC.

Sebagian teman bertanya, "Lho, kok bisa brutal banget nyebrangnya?". Ya mau gimana pun, dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi, kan? Termasuk ketika saya memutuskan untuk mendukung Liverpool FC ketimbang Manchester United, tim yang dahulu sempat saya idolakan.

Lha, Luis Figo aja dari Barcelona bisa ke Real Madrid, kok. Termasuk juga Ronaldo Nazario de Lima. Di era sepak bola modern, contoh lain ada Robert Lewandowski dan Mario Gotze yang nyebrang dari Dortmund ke tim yang menjadi musuh bebuyutannya, Bayern Muenchen.

Sebagai fans, apakah saya diperkenankan seperti itu? Saya tidak tahu, yang jelas saya kerap kali dianggap "brutal" oleh beberapa teman saya. "Mas, itu brutal banget sih nyebrangnya---ke tim yang bisa dikatakan seteru abadi!", begitu kata mereka.

Serius. Sebagai penikmat pertandingan sepak bola, saya selalu kagum dengan bagaimana Sir Alex Ferguson membuat taktik dan mengkomposisikan pemain beserta talenta tim secara keseluruhan. Nggak sedikit pemain ternama yang direkrut United, dan lambat laun, semenjak Alex Ferguson bergabung bersama Manchester Merah pada tahun 1986, tim ini menjelma menjadi salah satu tim yang ditakuti di daratan Inggris---khususnya bagi Liverpool yang pada akhirnya total piala secara keseluruhan tersalip.

Lalu, apa yang bikin saya pindah haluan? Jawabannya betul-betul sederhana. Ketika saya melihat pertama kali cuplikan pertandingan Steven George Gerrard saat SMP, sekira tahun 2003. Saya langsung merasa kagum saat melihat bagaimana Gerrard muda bermain, sewaktu masih mengenakan nomor punggung 28 lalu ganti ke 17. Terkesan ugal-ugalan dan sembarangan, memang. Seakan ingin di-notice oleh para senior dan dunia, tentang eksistensi dan gaya bermainnya di lapangan. Apalagi ketika berhadapan dengan Everton dan Manchester United. Saya rasa, dia makin menggila.

Berawal dari Steven Gerrard, akhirnya perlahan saya lebih memilih pindah haluan untuk mendukung Liverpool, sampai dengan saat ini---bahkan ketika Gerrard sudah tidak bermain lagi untuk Liverpool FC.

Sebagaimana kita semua tahu, terutama di kalangan fans sepak bola, mendukung satu tim sepak bola adalah sikap. Dan menjadi persoalan serius ketika satu sama lain saling banter---adu argumen atau ngece tim yang menjadi musuh bebuyutan.

Sebagai fans Liverpool, saya bisa aja ngece Chelsea, Manchester City, atau Arsenal. Tapi, Manchester United? Rasanya nggak sepenuh hati bisa ngece. Masih ada rasa kagum dan tetap mendukung. Dan hal tersebut menjadi sebuah anomali, bagi seorang fans Liverpool seperti saya.

Kok ya bisa-bisanya, ngaku Kopite, tapi malah tetep dukung musuh bebuyutan juga. Tapi soal jersey dan pernak-pernik, saya lebih milih beli dan punya yang Liverpool, kok. Tentu bukan karena saya malu ketika United sedang terpuruk atau nggak stabil, lebih ke, saya tetap lebih condong ke Liverpool untuk saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun