Mohon tunggu...
setiawati suyatman
setiawati suyatman Mohon Tunggu... Manusia biasa

Menulis untuk menceritakan hidup dan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Premium dan Petralite, di Mana Kau Berada?

20 Juni 2020   19:09 Diperbarui: 20 Juni 2020   19:08 9 2 0 Mohon Tunggu...

Penghapusan BBM ( Bahan Bakar Minyak) jenis Premium dan Petralite menjadi polemik di masyarakat. Jenis ini memang banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya lebih murah dari jenis lain yang diproduksi oleh Pertamina.

Harga BBM mengalami naik turun setiap tahunnya tergantung jumlah minyak dunia yang beredar dan cadangan minyak di dunia. Beberapa negara negara penghasil minyak bumi mempunyai kesepakatan dan perjanjian  tentang pengontrolan peredaran minyak dunia untuk menjaga kestabilan harga. 

Berdasarkan data dari  Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2017 sekitar 138,56 unit, diperidiksi akan terus bertambah dari tahun ke tahun, seiring dibangunnya infrastruktur jalan diberbagai pelosok daerah dan daerah perbatasan wilayah dengan negara lain di Indonesia.

Kendaraan bermotor roda dua paling banyak digunakan di Indonesia karena harganya lebih murah dari kendaraan bermotor roda tiga dan roda empat. Selain itu dapat dikendarai di daerah dengan kondisi jalan umum yang sempit atau lebar satu meter sampai satu setengah meter.

Menjaga kualitas udara tetap sehat di daerah yang padat akan penggunaan kendaraan bermotor dari polusi udara merupakan salah satu alasan Pertamina menghapus jenis bahan bakar Premium dan Petralite.

Di daerah daerah tertentu, Premium dan Petralite masih dapat ditemukan. Pemerintah memang mambatasi kuota jenis bahan bakar tersebut untuk mengurangi subsidi yang selama ini dialokasikan untuk BBM jenis ini.

Penurunan penggunaan kendaraan bermotor roda dua diperidiksi akan terjadi, sehingga transportasi umum akan mulai digunakan oleh masyarakat, dimana pemerintah daerah harus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung transportasi bila penggunaan kendaraan pribadi beralih ke trasportasi publik atau menggunakan sepeda juga bisa digunakan sebagai alternatinf lain.

Transportasi publik adalah transportasi yang digunakan untuk menunjang mobilitas masyarakat di daerah perkotaan dan pedesaan. Di pedesaan transportasi publik tidak sebanyak dibandingkan dengan di perkotaan selain itu jam operasionalnya hanya dari pagi sampai sore.

Ketimpangan antara perkotaan dan pedesaan seperti disebutkan diatas, maka pemerintahan mengambil keputuskan untuk menyediakan bahan bakar minyak jenis Premium dan Petralite di daerah daerah tertentu. Kuota penyaluran BBM  jenis tersebut melalui Pertamina, diharapkan dapat mengjangkau seluruh daerah daerah di seluruh Indonesia secara merata. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x