Mohon tunggu...
Serly PutriCahyaningtiyas
Serly PutriCahyaningtiyas Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Penulis

Mahasiswi semester 4 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PRODI ILMU KOMUNIKASI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelangsungan Konvergensi Media di Dalam Usaha Masyarakat

16 April 2021   00:33 Diperbarui: 16 April 2021   00:40 479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita tahu saat ini, Komunikasi adalah hal yang penting bagi setiap individu. Di dalam Komunikasi penting sekali dalam mengekspresikan diri untuk menambah koneksi atau jaringan yang luas. Hal ini dapat di jumpai pada media konvergensi keseharian. Dan patut dicatat bahwa teori ini pada dasarnya memfokuskan pada upgrade media.

secara umum, konvergensi media didefinisikan sebagai penggabungan media massa dengan teknologi digital yang berkembang saat ini. Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan menjadi satu platform yang sama. Konvergensi media sendiri timbul seiring dengan berkembangnya teknologi, khusunya peralihan teknologi analog ke digital. Internet dengan berbagai macam platformnya telah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat. Konvergensi media mampu menggabungkan ketiga unsur 'C' yang terdiri dari computing, communication dan content.

Internet membuat proses penyampaian informasi menjadi sangat cepat. Awalnya internet hanya digunakan sebagai media penyampaian informasi layaknya televisi dan radio, tetapi kini internet menjadi sangat interaktif karena masyarakat dapat membagikan informasi sendiri tanpa menunggu informasi yang disediakan oleh industri media. Seiring berkembangnya teknologi, media massa konvensional dan online saling berhubungan dan bekerjasama atau biasa disebut dengan istilah konvergensi media.

Saya Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan program studi Ilmu Komunikasi Semester 4, akan menceritakan pengalaman saya dalam mengakses konvergensi media. Serta Pengaplikasiasan nya dalam kehidupan sehari-hari, berkaitan dengan judul dan tema yang saya tuliskan pada penulisan hari ini.

Dalam keseharian saya media sangatlah berpengaruh, mungking hal ini juga terjadi dengan rekan-rekan semua. Saya ingin bercerita tentang pengalaman pribadi saya. Pada saat saya  menggunakan jasa antar barang online menggunakan aplikasi ojek online. 

Kebetulan saya berjualan makanan untuk menyalurkan hobi saya dan keahlian saya dalam memasak. Hal ini menjadikan saya sangat di untungkan jika makanan yang saya jual laris manis di beli pelanggan. Dengan adanya jasa ini, maka kegiatan berjualan saya sangat di mudahkan dan di untungkan. Karena apa? Saya tidak perlu mengantarkan langsung kerumah pembeli. Hal ini sangat di minati pada saat musim pandemi.

Lalu, di dalam usaha bisnis laundry ayah saya, Ketika cabang laundry membutuhkan barang yang akan di gunakan expres. Maka aplikasi ini dan jasa ini sangat mempermudah proses pengiriman, karena pihak pusat tidak perlu datang mengantar barang. Karena tidak mungkin kamimengantarkan, Ketika jadwal dan jalurnya bertabrakan serta jauh. Biasanya segala sesuatu yang melibatkan proses pengantar jemputan ini di di susun se rinci mungkin oleh owner atau ayah saya.

hal lain yang memudahkan, ketika kami menggunakan webside yang di gabungkan ke goggle maps. hal ini agar memudahkan pelanggan mengetahui titik lokasi usaha kami. dan tentu saja ini sebagai langkah promosi kami selain dari mulut ke mulut.

Konvergensi media meberikan kesempatan kepada khalayak untuk dapat berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Khalayak sekarang dapat mengontrol kapan, dimana, dan bagaimana mereka mengakses informasi, dalam berbagai jenisnya. 

Teyangan televisi tidak selalu di akses dedepan layar televisi konvensional akan tetapi dapat diakses dimana aja kapan saja dengan berbagai platfrom. Perubahan konsep massa dalam sebuah konvergensi media dikarenakan adanya perpaduan ciri-ciri komunikasi massa dan komunikasi antarpribadi. Komunikasi massa berdasarkan sudut pandang konvensional diartikan sebagai kesatuan khalayak yang anonim dan teralienasi sehingga pesan yang disampaikan kepadanya pun besar-besaran.

Pelaku pasar akan memandang konvergensi media sebagai peluang untuk mengembangkan produk mereka. Perusahaan di bidang hiburan sebagai contoh akan mencoba mengintegrasikan berbagai macam konten dalam produk maupun jasanya. Sebuah perusahaan pertelevisian, misalnya, bisa saja mengembangkan produk lain seperti radio, portal website, video games dan lainnya. Konvergensi media dan konvergensi teknologi mampu mengubah gaya hidup seseorang yang nantinya mengubah cara berpikir para pelaku industri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun