Mohon tunggu...
Septy Surya
Septy Surya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UNEJ Periode 2022

Sebagai media publikasi untuk memuat kegiatan dan capaian program kerja mahasiswa KKN 382

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Inovasi Karya Mahasiswa KKN UNEJ 2022 dalam Membangun Kembali Wisata yang Telah Lama terbengkalai

6 Agustus 2022   09:06 Diperbarui: 6 Agustus 2022   09:19 102 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Wisata Puncak Purnama yang terletak di Desa Purnama, Bondowoso merupakan daerah dataran tinggi yang menyuguhkan pemandangan asri serta udara sejuk yang cocok dijadikan sebagai tempat healing dari rutinitas harian yang menjenuhkan. Lokasi Puncak Purnama yang berada pada ketinggian kurang lebih 900 mdpl mampu memperlihatkan deretan gunung-gunung yang mengelilingi Kota Bondowoso dan kenampakan Kota Bondowoso dari jarak jauh diatas permukaan laut. 

Keindahan pemandangan tersebut dapat dinikmati dari titik Puncak Purnama. Langit pada pagi dan malam hari juga melengkapi kemegahan pemandangan di Puncak Purnama. Langit pagi yang bisa dijumpai di Puncak Purnama nampak penuh akan putih pekatnya awan yang tak tertutupi oleh polusi seperti di pusat kota dan langit malam yang menyajikan hamparan bintang-bintang bersinar. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas udara dari Wisata Puncak Purnama yang masih bersih dan minim polusi udara. 

Jika Yogyakarta punya Bukit Bintang dan Malang punya Paralayang sebagai ikon objek wisata alam maka Bondowoso memiliki Puncak Purnama yang menyuguhkan pemandangan pegunungan sebagai nilai jual wisata. Wisatawan pecinta alam disekitar Bondowoso tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati pemandangan alam seperti di kedua objek wisata tersohor kota lain tersebut.

Namun sayangnya akibat dari pandemi Covid-19 yang berlangsung cukup lama sejak 2020 di Indonesia menyebabkan hampir semua objek wisata mengalami penurunan jumlah pengunjung. Wisata Puncak Purnama juga tak luput dari dampak pandemi tersebut. Hampir 2 tahun lamanya Wisata Puncak Purnama terbengkalai dan kehilangan pengunjung alhasil Wisata Puncak Purnama terancam ditutup dan menyia-nyiakan potensi dari objek Wisata Purnama tersebut.

whatsapp-image-2022-08-06-at-08-24-58-62edc53aa51c6f5dc6099952.jpeg
whatsapp-image-2022-08-06-at-08-24-58-62edc53aa51c6f5dc6099952.jpeg

Photo by @febe_linda_


Oleh karena itu, Mahasiswa KKN dari UNEJ Periode 2022 kelompok 382 mencoba melakukan revitalisasi untuk memulihkan kembali potensi wisata ini agar bisa dinikmati secara luas oleh wisatawan lokal hingga manca negara. Melihat aset keindahan alam yang dimiliki Puncak Purnama Mahasiswa KKN dari UNEJ mulai memperbaiki keadaan Wisata Puncak Purnama agar menjadi lebih baik sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan kembali. Berbagai rancangan telah dilaksanakan mulai dari menambahkan ketidakberadaan spot foto, gapura, petunjuk arah, pengecatan ulang ikon Puncak Purnama serta perbaikan akses jalan menuju Puncak Purnama. 

Keluhan, saran dan kritik dari wisatawan serta warga lokal menjadi evaluasi bagi mahasiswa KKN untuk memperbaharui Wisata Puncak Purnama. Sering kali dijumpai keluhan berupa jalan yang masih belum rata kemudian kurangnya spot foto, mengingat kini telah memasuki era digitalisasi maka keperluan estetika dalam sebuah tempat wisata menjadi hal yang penting untuk memikat wisatawan lebih banyak lagi. 

Pemasangan plang penunjuk arah ke tempat wisata menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh teman - teman KKN  untuk mempermudah wisatawan mengetahui arah menuju Puncak Purnama. Ikon Puncak Purnama yang sebelumnya memudar kini telah di cat ulang menandakan bahwa Puncak Purnama siap untuk menjadi objek wisata unggulan milik Desa Purnama, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso. Untuk detail profil dan informasi lebih lanjut terkait Puncak Purnama dapat diakses pada akun instagram @wisata_puncak.purnama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan