Mohon tunggu...
Septian Ananggadipa
Septian Ananggadipa Mohon Tunggu... Auditor - So let man observed from what he created

Pejalan kaki dunia

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Squid Game dan Bayi Silver, Ikon Ironi Kaum Urban

1 Oktober 2021   23:14 Diperbarui: 2 Oktober 2021   06:10 350 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Squid Game. Sumber foto : Kdrama stars

Serial Korea bertajuk Squid Game kini menjadi trending topic di berbagai lini masa. Dalam waktu singkat, serial bertema survival thriller ini menjadi pemuncak tangga Netflix tidak hanya di negara asalnya, Korea, tapi juga Indonesia, bahkan Amerika Serikat.

Mengisahkan tentang 456 orang yang mengalami kesulitan hidup dan rela melakukan apapun demi mendapatkan uang, Squid Game menjadi sindiran satir bagi realita kehidupan post modern.

Seperti dipotret dalam serial Squid Game, di tengah ingar-bingar dan gemerlap kota masa kini, realitanya semakin banyak kaum urban terbelit materialitas yang bernama uang.

Tidak perlu jauh-jauh ke Korea, salah satu contoh nyata ada di negeri kita tercinta. Fenomena maraknya manusia yang mengecat seluruh tubuhnya dalam warna perak pekat demi uang.

Ironisnya, tidak hanya tubuhnya yang dilumuri cat warna, tapi juga buah hatinya. Di daerah Pamulang, seorang bayi berusia 10 bulan, diwarna perak dan dibawa mengemis di tengah padatnya jalanan kota.

Squid Game dan bayi manusia silver, telah menjadi ikon ironi kehidupan kita sendiri.

Sumber foto: instagram @tangerangupdatecom
Sumber foto: instagram @tangerangupdatecom

Manusia dan Uang

Salah satu hal yang menjadi ciri khas sinema asal Korea adalah tema yang tidak biasa namun dekat dengan keseharian kita. Ada sebuah kutipan menarik dari salah satu tokoh dalam serial Squid Game.

"Apa kau tahu persamaan orang yang tak memiliki uang dan orang yang memiliki terlalu banyak uang? Hidup, tak menyenangkan bagi mereka."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan