Mohon tunggu...
Budy supriyono
Budy supriyono Mohon Tunggu... Petani - Petani

Jl. Seriti Gendir, kelurahan Banjarsengon, kecamatan Patrang, kabupaten Jember, Jawa timur. Telepon: 0856-4900-4535 wa 081-249-757-424 budysupriyono86@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemangkasan Kopi

1 Juli 2019   17:09 Diperbarui: 2 Desember 2019   19:09 113 0 1 Mohon Tunggu...

Tanaman kopi pada umumnya di budidayakan oleh petani di lokasi pegunungan dengan ketinggian tertentu dari mdpl, dengan ph yang cukup serta penyinaran matahari yang cukup pula.

Tanaman kopi dapat berbuah lebat dengan beberapa syarat yang pada umumnya di lakukan oleh petani, yaitu perawatan, yang terdiri dari pemupukan, pemangkasan, jenis kopi, dan klon kopi itu sendiri.

Salah satu faktor pendukung  keberhasilan pembuahan kopi yaitu pemangkasan, yang dapat dapat di lakukan saat kopi hendak mengalami pembungaan atau sesudah masa pembungaan.

Pemangkasan kopi di lakukan untuk membuang tunas-tunas kecil dan ranting-ranting yang sudah tua, dengan kata lain tunas yang tidak produktif, bahkan terkadang tunas yang bagus/subur pun perlu di pangkas, hal itu bertujuan untuk mengurangi tingkat kerimbunan ranting/tunas, sehingga sinar matahari dapat masuk pada pangkal tunas dan calon buah.

Cara pemangkasan kopi dapat kita saksikan dalam video di bawah berikut : 


Semoga video tersebut bermanfaat untuk para petani kopi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x