Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant.

Selvia Indrayani merupakan salah seorang pengajar di salah satu sekolah di ibu kota. Kegemarannya memasak dan menulis ditekuni sejak masih muda. Berbagai hasil tulisannya dibukukan ke dalam antalogi cerpen dan antalogi puisi.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Belanja Online, Ancaman Saat Gajian

30 Mei 2021   12:37 Diperbarui: 30 Mei 2021   13:35 170 27 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belanja Online, Ancaman Saat Gajian
Ilustrasi Belanja Online

Siapa orang yang tidak senang berbelanja? Terlebih lagi bagi kaum hawa, belanja bisa menjadi hiburan dan melegakan jiwa. Saat hari gajian tiba, selalu saja ada yang dibeli. Entah memang kebutuhan atau sekadar lapar mata. 

Di zaman yang serba digital, belanja online menjadi pilihan karena praktis dan menghemat waktu. Cukup berselancar ke dunia maya, apa yang dicari pasti akan ketemu. 

Tanggal gajian merupakan hari yang dinanti khususnya bagi karyawan. Jika tidak berhati-hati dalam menentukan prioritas, gaji akan mengalir begitu saja tanpa kejelasan.

Belanja online yang seharusnya memudahkan, akhirnya bisa menjadi ancaman. Pastinya kita tidak ingin gaji lewat begitu saja tanpa kejelasan. Berikut ada enam tips yang dapat kita terapkan agar belanja online tidak menjadi ancaman saat gajian:

1. Menyisihkan untuk Tabungan

Menabung merupakan salah satu aternatif yang dapat dilakukan untuk memiliki simpanan uang. Berharap bisa digunakan di masa depan atau saat dana darurat dibutuhkan.

Bagi yang selama ini merasa memiliki gaji pas-pas an, menabung dapat tetap dilakukan. Besarnya tabungan antara seorang dengan yang lainnya tentu tidak dapat disamakan. 

Setiap orang memiliki pendapatan yang berbeda. Demikian pula pos pengeluaran juga tidak dapat disamakan. Menabung berkaitan dengan sebuah kedisiplinan yang pada akhirnya akan berguna di masa depan. Menabunglah sesuai kemampuan dan disertai kedisiplinan.

2. Menuliskan Kebutuhan

Menuliskan kebutuhan yang akan dibelanjakan merupakan hal mendasar. Biasanya hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bulanan seperti listrik, air, uang sekolah, kebutuhan rumah tangga, atau bahkan cicilan

Barang-barang yang perlu dibeli seperti sabun, detergen, sampo, minyak, gula, tepung dan garam pun masuk ke dalam daftar kebutuhan.

Menuliskan kebutuhan akan menolong untuk melakukan pembelanjaan yang di luar budget. Terutama saat tanggal menjelang gajian, banyak toko online yang menawarkan diskon

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x