Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Cara Menjaga Silaturahmi di Masa Pandemi

14 Mei 2021   01:54 Diperbarui: 14 Mei 2021   01:57 598 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Cara Menjaga Silaturahmi di Masa Pandemi
Ilustrasi Idul Fitri | sumber pexels.com via pikiran-rakyat.com

Dari Ibnu Syihab dia berkata, telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa ingin dilapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari)

Dalam suasana apapun, silaturahmi harus terus dijaga. Begitu juga dengan saat pandemi seperti sekarang ini. Pandemi boleh membatasi aktivitas fisik, namun tak boleh membuat kita memutus tali silaturahmi.

Di Indonesia, idul fitri identik dengan silaturahmi. Biasanya, silaturahmi dijalin dengan cara saling mengunjungi rumah kerabat, tetangga dan teman-teman. Momen ini juga sangat penting untuk mempererat tali persaudaraan dengan anggota keluarga yang jarang bertemu, bisa karena alasan jarak ataupun kesibukan.

Sayangnya, pandemi covid-19 membuat semua harus tetap berada di rumah, tentu saja langkah ini terpaksa diambil untuk untuk memutus rantai penyebarannya.

Demikian juga bagi yang tinggal di rantau tidak bisa mudik untuk melepas rasa rindu kepada keluarga tercinta. 

Meski sedang pandemi, tali silaturahmi dengan keluarga harus tetap dijaga. Wabah ini seharusnya bisa lebih mempererat tali silaturahmi kita.

Berikut ini alternatif asyik menjaga silaturahmi saat pandemi, semoga bermanfaat.

1. Saling memberi ucapan via online

Ilustrasi memberi ucapan idul fitri lewat hp (sumber gambar oleh Saiyed Irfan A dari Pixabay)
Ilustrasi memberi ucapan idul fitri lewat hp (sumber gambar oleh Saiyed Irfan A dari Pixabay)
Saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa dipakai untuk memberi ucapan secara online. Misalnya ucapan selamat berpuasa atau idul fitri melalui media sosial, baik itu Line, WhatsApp, Instagram dan lain sebagainya.

Mengirim ucapan melalui sosial media merupakan cara bersilaturahmi jarak jauh yang paling efektif, mengingat mayoritas penduduk di Indonesia sudah menggunakan sosial media untuk kegiatan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengadakan silaturahmi secara virtual

Ilustrasi silaturahmi virtual (sumber gambar shutterstock via news.detik.com)
Ilustrasi silaturahmi virtual (sumber gambar shutterstock via news.detik.com)
Aplikasi silaturahmi virtual sudah familiar buat sebagian besar orang.

Dengan menggunakan video conference mungkin kita akan tetap menjalin silaturahmi dengan keluarga tercinta yang tinggal di luar kota ataupun luar negeri. Pertemuan secara virtual memang tidak  bisa 100% menggantikan pertemuan secara tatap muka atau offline. Tapi ini adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjaga silaturahmi di masa pandemi.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN