Mohon tunggu...
Pretty Sefrinta Anggraeni
Pretty Sefrinta Anggraeni Mohon Tunggu... Guru - Bachelor of Psychology | Guidance Counselor

Never stop learning. Never stop thinking | Ig: sefrintapretty

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Belajar Memahami Standard Kecantikan Menurut Istri Derby Romero

19 Oktober 2017   21:55 Diperbarui: 19 Oktober 2017   22:32 1323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Istri Derby Romero, Claudia Adinda, memiliki penampilan yang nyentrik. Ia mengadopsi gaya retro tahun 1940-an dalam kesehariannya. Lantaran penampilan yang tak biasa itu, Claudia pun kerap dihujani komentar negatif. Sebagian netizen juga menilai penampilan Claudia yang nyentrik terlihat terlalu tua untuk Derby Romero.

"Kya tante2 bang.. Mf hehe," tulis @riyahxxx.

"Jatohnya kok malah kayak tante tante ya.....apa cuma aq sing gagal paham sama gaya nya yah," tulis @nonaerxxx

"Tante nya cantik ehh pacar maksudnya," @rifdah6xxx menyindir.

"Lebih pantes jadi tante nya daripada pacarnya:v," timpal @ardeliaxxx.

"Sumpah gak cocok baget kak. kk lebih cocok sama @febby," @marliastixx sedikit blak-blakan.

-----------------------------

Ladies, standard kecantikan di tiap jaman berbeda-beda mulai dari jaman Cleopatra, Monalisa, Marlyin Monroe, hingga Raisa ataupun Claudia Adinda. Standard kecantikan di jaman Monalisa adalah wanita yang berdahi lebar, berpipi chubby, dan berdagu terbelah. Standard ini tentunya berbeda dengan jaman Cleopatra, Marlyin Monroe, Raisa ataupun Claudia. Selain itu standard kecantikan yang ada di masyarakat merupakan sebuah hasil konstruksi. Beberapa perusahaan kecantikan di dunia membuat konstruksi melalui iklan, bahwa standard cantik adalah wanita yang berkulit putih, bertubuh langsing, memiliki tinggi badan ideal, berwajah tirus, berambut panjang terurai, berhidung mancung, dan sebagainya. 

Secara tidak sadar masyarakat menerima konstruksi tersebut secara mentah-mentah dan membentuk suatu keyakinan baru mengenai standard kecantikan. Padahal, iklan dari perusahaan kecantikan dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan perusahaan tersebut. Hal itu membuktikan bahwa standard kecantikan dapat berubah-ubah seiring dengan perkembangan jalan. Jaman berubah, maka standard kecantikan bagi masyarakat juga ikut berubah. Jadi cantik bukanlah suatu konsep yang tetap atau paten. Namun konsep cantik sangat dinamis, bervariasi, dan selalu berubah-ubah. 

Mellisa Grace, M.Psi., Psikolog mengatakan bahwa secara psikologis, bagaimana seseorang merasa cantik atau beautiful tentang dirinya akan sangat berdampak pada bagaimana ia merasa dan menghargai dirinya sendiri, dan berdampak pada konsep dirinya secara umum.

So, ladies"apakah kamu mau menggantungkan nilai dirimu dari suatu konsep yang selalu berubah-ubah? Atau apakah kamu mau memegang kendali penuh atas bagaimana kamu merasa cantik tentang dirimu sendiri?".

Konsep diri terkait standard kecantikan bagi Claudia Adinda patut diacungi  jempol dan ditiru, seperti caption yang ditulis di instagramnya  @miss_adinda_mae,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun