Mohon tunggu...
Satriya Nugraha S.P.
Satriya Nugraha S.P. Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis, Konsultan Desa Wisata

Saya umur 40 tahun 9 bulan, sering sosialisasi UU No. 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan dari organisasi ke organisasi pemuda,trainer kepemimpinan tingkat lanjut, berdagang beras merah organik, beras hitam organik, beras coklat organik, konsultan teknik menulis ilmiah populer, konsultan desa ekowisata, penulis kuliner kreatif sebagainya email : satriya1998@gmail.com ; satriya1998@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Financial

Apa itu Bank Ganesha? Yuk Kita Lebih Dekat Cari Tahu

26 Mei 2018   12:31 Diperbarui: 26 Mei 2018   12:42 1899
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bank Ganesha berdiri sejak tahun 1990 dan mulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992. Bank Ganesha mendapat ijin usaha sebagai bank umum dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam SK No.393/KMK-013/1992 tanggal 14 April 1992, dan pada tahun 1995 status Bank Ganesha mendapatkan persetujuan menjadi Bank Devisa, sesuai SK Bank Indonesia No.28/66/KEP/DIR tanggal 12 September 1995. 

Saat ini Bank Ganesha berkantor pusat di Jl. Hayam Wuruk No. 8 Jakarta Pusat. Bank Ganesha melayani dengan kompetitif, penghimpunan dana masyarakat dalam bentuk deposito, giro dan tabungan, serta menyalurkan kredit pada segmen komersial, SME dan Korporasi dalam memenuhi kebutuhan para nasabah. 

Bank Ganesha berupaya untuk terus menambah jaringan, sampai dengan tahun 2017 Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. Selain itu Bank Ganesha juga telah memiliki mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama. Sebagai bank devisa, Bank Ganesha juga aktif melayani transaksi ekspor dan impor, transaksi valuta asing dan transaksi jasa perbankan lainnya.

Foto: Bank Ganesa
Foto: Bank Ganesa
VISI BANK GANESHA

Adapun Visi Bank Ganesha adalah Menjadi Bank terbaik di kelasnya dengan menyediakan produk yang handal dan inovatif melalui pelayanan prima. Kantor Cabang Bank Ganesha meliputi Untuk Wilayah Jakarta, Kantor Cabang Pembantu berada di Sunter, Kelapa Gading, Mangga Dua, Pantai Indah Kapuk, Sudirman, Kuningan dan Kebon Jeruk,  Sedangkan untuk Wilayah Tangerang, Kantor Cabang Pembantu berada di jalan Gajah Tunggal dan Komplek Ruko Sastra Plaza jalan Gatot Subroto Tangerang. Kemudian Untuk Wilayah Jawa Timur, Kantor Cabang Pembantu berada di jalan Kertajaya dan jalan HR. Muhammad Kota Surabaya. Dan terakhir, untuk wilayah Medan, Kantor Cabang Pembantu berada di Zainul Arifin Kota Medan.

PRESTASI CORPORATE SECRETARY & CORPORATE COMMUNICATION 


Mengawali bulan Maret 2018, Bank Ganesha kembali mendapatkan beberapa penghargaan dalam ajang Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award -- III -- 2018 & Indonesia Information & Technology Award -- I -- 2018 yang diadakan oleh Indonesia-Asia Institute, Economic Review, Ideku Group, yang berlangsung di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, pada tanggal 2 Maret 2018. Adapun penghargaan yang diperoleh oleh Bank Ganesha adalah sebagai berikut : (1) Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award -- III -- 2018 -- Platinum dan  (2) Indonesia Information & Technology Award -- I - 2018 -- Platinum serta (3) The Big 10 - Indonesia Information & Technology Award -- I -- 2018. Pada kesempatan tersebut, Bank Ganesha diwakili oleh Sdr. Paulusman Wibowo selaku Head of IT dan Sdri. Febrina Kenya Savitri selaku Corporate Secretary Head yang menerima langsung penghargaan dari Bapak Drs. Gun Gun Siswandi, M.si selaku Staff Ahli Mentri Bidang Komunikasi & Media Masa -- Kominfo RI.

LABA BERSIH DAN PENYALURAN KREDIT BANK GANESHA

PT Bank Ganesha Tbk melaporkan laba bersih setelah pajak (diaudit) sebesar Rp 18,47 miliar untuk kuartal pertama tahun 2018, meningkat 8% year-on-year (yoy) dari Rp 17,07 miliar dalam periode yang sama tahun 2017. Peningkatan laba bersih ini didukung oleh kapasitas pendapatan dari pertumbuhan kredit yang kuat. 

Penyaluran kredit perseroan selama periode tiga bulan pertama 2018 tercatat Rp 2,81 triliun, tumbuh 15,02% year-on-year (YoY) dalam periode yang sama tahun 2017. Peningkatan tersebut didorong oleh kredit investasi yang naik 28.86% yoy menjadi Rp 688 miliar dari Rp 534 miliar setahun sebelumnya dan Kredit Modal Kerja yang meningkat 14.19% yoy menjadi Rp 1,77 triliun dari Rp 1,5 triliun setahun sebelumnya.

Pada sisi kewajiban, total Dana Pihak Ketiga juga naik pesat mencapai Rp 3,64 triliun pada kuartal pertama 2018, atau naik 45% yoy dari Rp 2,51 triliun di 2017, didukung oleh pertumbuhan yang kuat terutama pada Tabungan dan Giro yang naik dua kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan Tabungan meningkat 100,12% yoy menjadi Rp 573 miliar dari Rp 286 Miliar dan Giro naik 100,18% yoy menjadi Rp 743 Miliar dari Rp 371 Miliar dalam tahun sebelumnya. Sementara pada Deposito Berjangka naik 26% yoy menjadi Rp 2,33 triliun dari sebelumnya Rp 1,85 triliun. Dengan demikian, Rasio CASA membaik menjadi 36,11% pada Maret 2018 dibandingkan dengan 26,24% pada akhir Maret 2017.

Foto: Bank Ganesa
Foto: Bank Ganesa
Dengan demikian, Bank selalu menjunjung tinggi kepatuhan terhadap prinsip kehati-hatian perbankan dan terus mencatatkan peningkatan kualitas aset, didukung oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat selama periode tersebut. Non Performing Loan ("NPL") Gross membaik menjadi 0,80% pada kuartal pertama 2018 dari 1,33% di periode yang sama tahun sebelumnya, sementara NPL Net juga membaik menjadi 0,19?ri 0,81%. Selain itu, Bank masih memiliki tingkat kecukupan modal (CAR) yang solid sebesar 29,9% pada akhir Maret 2018. Hal tersebut dapat menunjang pertumbuhan kredit hingga akhir 2018.

MOBILE BANKING DENGAN BRANDING "BANGGA"

Setelah berhasil mencatatkan sejumlah tonggak pencapaian gemilang sepanjang tahun 2017, Bank Ganesha terus berusaha melakukan investasi secara berkelanjutan, termasuk peluncuran aplikasi layanan mobile banking dengan branding"BANGGA" sebagai bagian dari upaya Bank untuk memudahkan nasabah mengakses layanan perbankan dan meningkatkan profil digital perusahaan. 

Bank Ganesha meluncurkan aplikasi layanan mobile banking dengan branding "BANGGA" pada tanggal 3 April 2018 di Grand Ballroom Hotel Pullman. Acara dengan konsep talk show ini, mengambil tema masa kini yaitu "BANGGA Berkiprah di Era Digital".BANGGA hadir sebagai bagian dari langkah transformasi yang inovatif dan kreatif dari Bank Ganesha dalam memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan aktifitas keuangan di-mana-pun dan di-kapan-pun.

Diresmikan oleh Presiden Direktur Bank Ganesha, Surjawaty Tatang, aplikasi BANGGA saat ini bisa di download dengan mudah baik di Android - Playstore maupun di iOS - App Store. 

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Direksi & Komisaris Bank Ganesha serta perwakilan dari berbagai mitra strategis perusahaan termasuk Dr. Aviliani (Pakar Ekonomi) sebagai moderator yang membuat talk show "BANGGA Berkiprah di Era Digital" ini semakin semangat untuk dikupas ditemani dengan beberapa pelaku digital yaitu Adrian A. Gunadi dari Investree, Otto B. Hantoro dari Jalin, Thong Sennelius dari DOKU dan Ariadi Anaya dari G-TECH.

infobanknews.com
infobanknews.com
Kami dapat memastikan bahwa melalui kehadiran BANGGA, e-stories dan wishlists para penggunanya dapat terpenuhi dengan baik, lebih dari sekadar layanan Mobile Banking tetapi juga kebutuhan-kebutuhan lainnya. 

Di samping itu, aplikasi BANGGA juga menghubungkan nasabah ke layanan eMoney Bank Ganesha yaitu G-Money sehingga nasabah dan calon nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi belanja hingga tarik tunai di jaringan merchant mitra kami melalui akses jaringan mitra co-branding yaitu Doku. 

Ayo kita menabung dan buka rekening di Bank Ganesha, setelah kita tahu profil dan visi perusahaan, laba bersih perusahaan, produk mobile banking dengan branding "BANGGA", peningkatan kualitas aset, didukung oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat selama periode Maret 2018. Jangan ragu, segera datangi Kantor Cabang Bank Ganesha terdekat. Maju terus Bank Ganesha.

Oleh :

Satriya Nugraha, SP

Penulis Seni, Budaya, Kuliner dan Ekonomi Kreatif

Anggota Divisi MICE Lembaga Perekonomian NU Kota Malang 2017-2022

Kepala Bidang Humas Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Malang Raya 2018-sekarang

Email dan Facebook : satriya1998@gmail.com ; satriya1998@yahoo.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun