Mohon tunggu...
Alfian Arbi
Alfian Arbi Mohon Tunggu... Aquaqulture Engineer

Aquaqulture Engineer I eastborneo.my.id

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Memetik Berkah Deposito Syariah

13 Mei 2017   11:11 Diperbarui: 1 Juni 2017   21:50 15123 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memetik Berkah Deposito Syariah
Ilustrasi I Sumber Materi Workshop “iB Blogger Meet Up” Kompasiana Nangkring Yogyakarta

Ada tidak cara mudah menjadi kaya selain bekerja? Memang kaya bukanlah sebuah tujuan hidup, namun dengan adanya modal/asset itu kita bisa melakukan aktivitas ekonomi dalam menjalankan kehidupan sehari hari dengan mudah.

Bekerja dengan giat dan selalu menyisihkan sedikit dana dari penghasilan untuk ditabung masih merupakan cara jitu untuk dapat mewujudkan keinginan dan kebutuhan hidup. Meskipun kedua hal tersebut akan berbeda pada setiap orang dalam mengartikannya.

Di era milineal, sudah banyak pelayanan yang menyediakan jasa penghimpunan dana secara aman yang disebut Bank. Dana yang terkumpul tentu bisa digunakan mewujudkan kedua hal diatas. Kegiatan-kegiatan itu secara luas kita sebut  investasi.

Dan Bank dengan banyak produk layanannya telah siap menerima semua bentuk investasi dari nasabah. Bank selanjutnya akan mendistribusikan manfaatnya dalam bentuk pembiayaan untuk menggerakan ekonomi secara lebih luas lagi.

Berada di tengah culture agama Islam yang kental, pasti setiap pemeluk agama islam dibekali keyakinan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari termasuk kegiatan ekonomi hariannya itu. Dari hal menabung sampai urusan utang piutang, sekalipun.

Pada bank konvensional yang kita kenal sekarang, dimana aktivitas transaksi debet dan kredit dilakukan atas dasar pengenaan bunga, yang nilainya belum diketahui, dan berubah sewaktu-waktu tanpa akad pasti terlebih dahulu. Dan Ulama islam memahami dan meyakini hal tersebut masuk kedalam riba, dimana Allah SWT telah mengaramkannya ( QS 2 : 275-281).

Menghasilkan Uang, Tanpa Bekerja, Bebas Riba, Bisakah?

Internet Banking Perbankan Syariah I Dokumen Pribadi
Internet Banking Perbankan Syariah I Dokumen Pribadi
Dalam hidup selalu berdinamika-kan? Terutama soal urusan keuangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal itu juga pernah menimpa saya. Tahun 2015 lalu, adalah tahun na’asbagi saya. Di saat itu, perusahaan tempat saya bekerja, tak mampu lagi melanjutkan aktivitasnya, dikarenakan bisnis pertambangan di Kalimantan menjadi lesu.

Tak ayal, saya pun mendapat imbas PHK dalam usaha efesiensi perusahaan dengan rewarduang pesangon. Di saat bersamaan, saya juga membutuhkan dana yang besar untuk kelahiran putra saya yang pertama. Karena kelahirannya harus melalui operasi Caesar yang serius di rumah sakit.

Modal pesangan yang ada dan kepastian mendapatkan pekerjaan yang belum pasti, membuat saya harus berfikir keras agar dapat memutar modal dari pesangon yang saya miliki untuk memenuhi kehidupan selanjutnya. Karena pendapatan saya yang regularsetiap bulan nullakibat PHK itu.

Melakukan Transaksi Apapun Menjadi Mudah I Dokumen Pribadi
Melakukan Transaksi Apapun Menjadi Mudah I Dokumen Pribadi
Melakukan usaha apa, masih bingung memulainya, pikiran negative menakuti, jikalau usaha tadi akan gagal, tentu akan menggilas ekonomi yang berimbas kepada semua keluarga saya. Dengan penasaran saya mencari tahu investasi apa sih, yang kira-kira mudah dilakukan ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x